Kompas TV nasional rumah pemilu

Anies Tambah Mesra dengan AHY, Sinyal Cawapres Dinilai Kuat Tinggal Nunggu Koalisi Perubahan

Kompas.tv - 2 Maret 2023, 12:10 WIB
anies-tambah-mesra-dengan-ahy-sinyal-cawapres-dinilai-kuat-tinggal-nunggu-koalisi-perubahan
Anies Baswedan di kantor DPP Partai Demokrat, Kamis (2/3/2023). (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas TV)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Anies Baswedan bertemu lagi dengan ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) hari ini, Kamis (2/3/2023).

Keduanya disebut kian mesra karena beberapa kali bertemu menuju Pilpres 2024. Termasuk sempat nonton bareng konser Dewa19 beberapa waktu lalu. 

Hal itu diungkap Pengamat Politik dari Universitas Al-Azhar, Ujang Komarudin, yang menyebut, kemesraan keduanya jadi indikasi pilihan Anies Baswedan soal cawapres kian menguat menuju Pilpres 2024. 

Ujang lantas menyebut, pihak dari Koalisi Perubahan yang berisikan Partai Keadilan Sejahtera (PKS), NasDem dan Demokrat dinilai belum punya kader kuat dan punya daya ungkit elektabilitas. 

AHY dinilai punya itu jika dibandingkan dengan Ahmad Heryawan (Aher) dari PKS, misalnya, yang sempat juga diusulkan jadi cawapres. 

"Aher tidak laku, AHY masih laku. Soal potensi menang, kita tidak tahu. Pertimbangan Anies adalah menggenapkan suara untuk kemenangan di Pilpres 2024," papar Ujang, Kamis (2/3) saat dihubungi KOMPAS.TV 

"Saya lihat kemesraan Anies dan AHY mungkin ini bagian dari pendekatan atau indikasi bahwa Demokrat tetap dorong AHY jadi cawapres nanti," tambahnya. 

Baca Juga: Nasdem Ungkap Kini Kandidat Cawapres Anies Baswedan Mengerucut Tiga Nama, Ini Bocorannya

Meskipun mesra, lanjut dia, AHY masih butuh ketok palu dari partai-partai pengusung Anies Baswedan yang lain. 

Pihak Demokrat dan AHY dan Anies, tambah Ujang, akan cari skema atau skenario bagaimana keduanya bisa berpasangan pada Pilpres 2024. 

"Saya lihat, ketika dua figur bertemu dan saling butuhkan, Demokrat dan AHY butuh Anies atau sebaliknya nanti dicari titik temu atau skema atau skenario dorongan cawapres," jelasnya. 

"Kuncinya di rapat partai koalisi," tambah Ujang.

Baca Juga: Anies di Depan Kader Demokrat: Kita Siap Menyongsong Perubahan Bersama

Maka dari itu, kemungkinan cawapres disebutnya kuat meksipun masih ada kemungkinan juga tidak terjadi. 

"Ini indikasi berpasangan AHY masih fifty-fifty, masih ada kemungkinan iya atau tidak. Mesra iya," terangnya. 

Sebelumnyas seperti diberitakan KOMPAS.TV Anies Baswedan hari ini, Kamis (2/3) mendatangi Kantor DPP Demokrat dan langsung orasi di hadapan kader. Ia berdiri ditemani AHY.

"Kita siap bergerak bersama, kita siap menyongsong perubahan bersama, siap rapikan barisan? Siap solid?" kata Anies di atas panggung. 

"Siap," jawab seluruh kader Partai Demokrat yang hadir.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x