Kompas TV regional berita daerah

Pasca Longsor, Jalur Malang - Kediri Kembali Dibuka

Kompas.tv - 1 Maret 2023, 21:24 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV - Setelah sempat terputus akibat tertimbun material longsor, jalur Malang- Kediri di Kecamatan Pujon kembali dibuka, Rabu (01/03/2023). Pembukaan jalan ini dilakukan setelah petugas BPBD Kabupaten Malang membersihkan tanah yang menutup badan jalan.

Dibukanya jalan yang menghubungkan Malang - Kediri di Desa Sukomulyo Kecamatan Pujon Kabupaten Malang, setelah material longsor berupa tanah dan ranting pohon benar-benar bersih dari badan jalan. 

Setelah menggunakan alat berat, petugas lalu menyemprotkan air di jalanan yang dipenuhi lumpur, pasca longsor yang terjadi Selasa malam.

Camat Pujon Indra Gunawan menjelaskan, meski sudah bisa dilewati kendaraan, namun sistem buka tutup diberlakukan di jalan yang baru saja tertimbun longsor. Selain itu kendaraan yang melintas juga diminta untuk bergantian

Menurutnya, jika kondisi cerah jalan ini cukup aman. Namun saat kondisi hujan lebat, tidak menutup kemungkinan jalan akan kembali ditutup untuk mengantisipasi terjadinya longsor susulan. 

Warga dan pengguna jalan juga diimbau untuk tetap waspada saat melintas di kawasan Pujon hingga Ngantang, yang merupakan daerah rawan longsor.

"Kalau cerah jalan ini cukup aman, tapi kalau hujan ini kita tutup lagi, untuk antisipasi longsor lagi," Ucap Camat Pujon.

Sebelumnya jalur penghubung Malang - Kediri yang berada di Desa Sukomulyo Kecamatan Pujon Kabupaten Malang terputus akibat longsor pada Selasa malam. 

Setidaknya ada empat titik longsor yang terjadi dalam waktu yang hampir bersamaan. Dalam beberapa hari terakhir, kawasan Pujon diguyur hujan dengan intensitas tinggi hingga kawasan tebing yang berada di pinggir jalan longsor.

#longsorpujon #jalurmalangkediri 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x