Kompas TV nasional rumah pemilu

Elektabilitas Sandiaga Uno Teratas, Gerindra: Sosok Cawapres Terkuat Prabowo Tentu Cak Imin

Kompas.tv - 28 Februari 2023, 11:31 WIB
elektabilitas-sandiaga-uno-teratas-gerindra-sosok-cawapres-terkuat-prabowo-tentu-cak-imin
Prabowo Subianto (kiri) dengan Sandiaga Uno (Sumber: ANTARA/Sigid Kurniawan)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Nama Ketum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin masih jadi kandidat terkuat cawapres Prabowo Subianto di Pilpres 2024. 

Wakil ketua umum Partai Gerindra Habiburokhman, menyebut Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) solid dan masih menggodok soal capres dan cawapres.

Ia juga berkomentar soal kader partainya, Sandiaga Uno yang tinggi secara elektabilitas dan populer, serta disebut-sebut layak jadi cawapres.

"Saya pikir sosok cawapres terkuat tentu Muhaimin Iskandar, tapi kita tidak boleh mendahului," ujarnya, Selasa (28/2/2023) di Sapa Indonesia Pagi Kompas TV

Baca Juga: Survei Litbang Kompas untuk Cawapres: Sandiaga Uno Teratas, Disusul Ridwan Kamil dan Anies  Baswedan

Menurut dia, soal Sandiaga yang mendapatkan perhatian publik adalah bentuk aspirasi yang bakal ditangkap oleh partainya. 

"Ada nama lain, pak Sandiaga itu bagian dari aspirasi," ujarnya. 

Meskipun begitu, ia menjelaskan bagi Gerindra, sosok Prabowo adalah capres untuk Pilpres 2024. Dia juga mempertanyakan kemungkinan satu partai dengan capres-cawapres sekaligus. 


 

"Tapi logika politiknya, apakah mungkin dari satu partai keluar dari satu capers dan cawapres? Intinya, di kami presidennya tetap Prabowo," ujarnya. 

Baca Juga: Klaim Prabowo Penengah di Pilpres 2024, Gerindra: Cek Parpol atau Tokoh yang Jadi Musuh, Tidak Ada

Sebelumnya seperti diberitakan, Survei Litbang Kompas terbaru 2023 yang dirilis pada Rabu (22/2/2023) menyebut, Sandiaga Uno menempati peringkat teratas elektabilitas figur calon wakil presiden (cawapres) dengan angka 12,4 Persen.

Disusul kemudian Ridwan Kamil dan Anies Baswedan. Masing-masing 10,1 persen dan 6 persen.

Ketiga figur ini merupakan di tiga besar cawapres berdasarkan hasil Survei Litbang Kompas terbaru bertajuk Survei Kepemimpinan Nasional itu. 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x