Kompas TV internasional kompas dunia

Taliban Buru Kombatan ISIS, Bunuh 2 Orang dan Tangkap 1 Anggota di Tempat Persembunyian

Kompas.tv - 27 Februari 2023, 16:24 WIB
taliban-buru-kombatan-isis-bunuh-2-orang-dan-tangkap-1-anggota-di-tempat-persembunyian
Ilustrasi. Pasukan Taliban dilaporkan membunuh dua kombatan ISIS dan menangkap satu anggota lain dalam operasi keamanan di Kabul, Minggu (26/2/2023) malam waktu setempat. Hasil operasi tersebut diumumkan oleh juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahid, Senin (27/2). (Sumber: AP Photo/Ebrahim Noroozi)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Purwanto

KABUL, KOMPAS.TV - Pasukan Taliban dilaporkan membunuh dua kombatan ISIS dan menangkap satu anggota lain dalam operasi keamanan di Kabul, Minggu (26/2/2023) malam waktu setempat. Hasil operasi tersebut diumumkan oleh juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahid, Senin (27/2).

Kelompok ISIS yang beroperasi di Afghanistan, juga dikenal sebagai ISIS-Khurasan, merupakan musuh utama Taliban sejak menguasai Afghanistan pada 2021 lalu. ISIS meningkatkan serangan di Afghanistan usai pemerintahan Taliban berkuasa.

Patroli-patroli Taliban serta komunitas Syiah yang menjadi minoritas di Afghanistan menjadi target yang umum diserang ISIS. 

Baca Juga: Posisi Afghanistan dalam Indeks Persepsi Korupsi Naik 24 Peringkat ke-150, Taliban Malah Protes

Menurut laporan Associated Press, Zabihullah Mujahid menyebut operasi Taliban ini dilangsungkan di sebuah permukiman yang menjadi tempat persembunyian ISIS di Kabul.

Selain menewaskan dua milisi dan menangkap satu lainnya, Mujahid menyatakan bahwa pasukan Taliban menyita amunisi dan perlengkapan militer di tempat persembunyian tersebut.

Mujahid menambahkan, tidak ada korban dari pihak pasukan Taliban selama operasi.

Hingga berita ini diturunkan, ISIS belum memberikan komentar mengenai operasi keamanan di Kabul.

Sementara itu, dalam operasi terpisah, pasukan Taliban juga membunuh tiga milisi ISIS dan menangkap satu dalam operasi di permukiman di timur Kabul.

Taliban mengklaim ISIS mendalangi sejumlah serangan yang menyasar berbagai titik di ibu kota Afghanistan belakangan ini.

Baca Juga: Taliban Pamerkan Supercar Pertama Afghanistan Mada 9, tapi Masih Prototipe

 




Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x