Kompas TV nasional sosial

Catat! Ini Rekayasa Lalin Simpang Harmoni-Mangga Besar saat Pengerjaan Proyek MRT

Kompas.tv - 27 Februari 2023, 06:12 WIB
catat-ini-rekayasa-lalin-simpang-harmoni-mangga-besar-saat-pengerjaan-proyek-mrt
Aktivitas pekerja di lokasi proyek MRT Jakarta fase 2A paket kontrak atau CP 201 di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Sabtu (8/1/2022).(Sumber: KOMPAS/RADITYA HELABUMI)
Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dinas Perhubungan DKI Jakarta akan melakukan rekayasa lalu lintas terkait dimulainya pekerjaan konstruksi Mass Rapid Transit (MRT) Fase 2 (dua) CP-202.

Pengerjaan proyek MRT ini akan dilakukan mulai dari Simpang Harmoni sampai dengan Simpang Mangga Besar yang terdiri dari Stasiun MRT Harmoni, Stasiun MRT Sawah Besar dan Stasiun MRT Mangga Besar.

Lokasi pengerjaan MRT CP 202 terletak di Jalan Gajah Mada dan Jalan Hayam Wuruk.

Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Chaidir, mengatakan rekayasa lalin bakal dilakukan mengingat pekerjaan akan dilakukan secara bertahap.

Pekerjaan konstruksi traffic diversion akan dimulai tanggal 28 Februari-27 September 2023 secara bertahap (akan berjalan).

Adapun pengerjaan dibagi menjadi tiga di antaranya relokasi utilitas, konstruksi halte Transjakarta, pembongkaran JPO eksisting, pembongkaran halte Transjakarta eksiting, Operasional bus Transjakarta;

"Selama pekerjaan berlangsung akan terjadi pengurangan lajur lalu lintas, mulai simpang Harmoni sampai Jalan KH. Hasyim Ashari ," kata Chaidir dalam keterangan tertulisnya, Minggu (26/2/2023), dikutip dari Tribunnews.

Lajur lalu lintas menjadi 2 lajur reguler dan 2 (dua) lajur Transjakarta, dari Jalan KH. Hasyim Ashari sampai simpang Mangga Besar lalu lintas menjadi 3 lajur mix traffic.

Sementara untuk pekerjaan canal decking tanggal 4 Maret-27 Mei 2023 sepanjang area pekerjaan akan menjadi dua lajur mix traffic Jalan Gajah Mada dan Jalan Hayam Wuruk menjadi tiga lajur mix traffic.

Sedangkan tanggal 10 April-1 Juli 2023 akan menjadi dua lajur mix traffic Jalan Gajah Mada dan Jalan Hayam Wuruk menjadi dua lajur mix traffic.


 

Chaidir mengatakan, penutupan simpang Jalan Sukarjo Wiryopranoto-Jalan Zainul Arifin-Jalan Gajah Mada-Jalan Hayam Wuruk tanggal 7 November 2022 sampai tahun 2027.

Adapun pengalihan lalu lintas sebagai berikut:

  • Lalu lintas dari Jalan Sukarjo Wiryopranoto yang semula dapat lurus (menuju Jalan Zainul Arifin) dan belok kanan (menuju Batavia) dialihkan belok kiri-putar balik depan Dunkin Donuts- Belok kiri ke Jalan Zainul Arifin-lurus menuju Batavia
  • Lalu lintas yang dari Harmoni yang semula memutar balik (Selatan-Selatan) dialihkan berputar di simpang Jalan Mangga Besa/Olimo
  • Lalu lintas dari Batavia yang semula memutar balik (Utara-Utara) dialihkan berputar di depan Dunkin Donuts

Berikutnya, relokasi layanan Halte Transjakarta Mangga Besar tanggal 25 Februari 2023 membuat layanan penumpang akan dipindah ke halte sementara di sisi Selatan halte Transjakarta eksisting (depan Gedung Arsip).

Relokasi layanan Halte Transjakarta Sawah Besar pada tanggal 28 Februari 2023 layanan penumpang akan dipindah ke halte sementara di sisi Utara halte Transjakarta eksisting (depan Grand Mercure).

Relokasi layanan Halte Transjakarta Harmoni pada tanggal 3 Maret 2023 layanan penumpang akan dipindah ke halte sementara di sisi Utara halte Transjakarta eksisting (depan Gedung Pelni).




Sumber : Tribunnews


BERITA LAINNYA



Close Ads x