Kompas TV regional berita daerah

Keren!! Mahasiswa Buat Alat Cek Kesehatan Mandiri

Kompas.tv - 23 Februari 2023, 21:20 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV - Sekelompok mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang berinovasi membuat alat medical check up secara mandiri. Dengan alat ini, masyarakat bisa melakukan pengecekan kesehatan mulai dari tekanan darah hingga mata.

Inovasi alat kesehatan yang dibuat oleh lima mahasiswa UMM ini diberi nama Meckup Machine atau Medical Check Up Machine. Inovasi alat pemeriksa kesehatan ini dilatar belakangi karena kesadaran masyarakat untuk memeriksakan kesehatan, secara menyeluruh dan rutin masih sangat rendah. 

Oleh karena itu, dengan keberadaan Meckup Machine ini bisa mempermudah masyarakat dalam melakukan medical check up. Andika Muhammad Zaki salah satu mahasiswa perancang Meckup Machine menjelaskan, dibutuhkan waktu hingga 3 bulan untuk merancang dan menyelesaikan alat ini.

Masyarakat bisa melakukan beberapa pemeriksaan sekaligus. Diantaranya adalah pemeriksaan mata, tekanan darah, hingga saturasi oksigen. Setelah mengunakan alat ini, pengguna akan mendapatkan struk hasil pemeriksaan. Jika pengguna terindikasi memiliki penyakit, pengguna dapat memilih opsi pertolongan pertama atau pembelian obat.

"Alat alat medical check up yang dijadikan satu, nanti gunanya untuk masyarakat kelas bawah yang jarang sekali melakukan medical check up," Terangnya.

Meski saat ini Meckup Machine sudah bisa digunakan, namun pengembangan masih terus dilakukan. Salah satunya dengan menambah beberapa fitur agar masyarakat bisa menggunakan alat medical check up mandiri dengan harga yang terjangkau.

#inovasimahasiswa #alatkesehatan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x