Kompas TV nasional rumah pemilu

PKS Deklarasi Anies Baswedan Calon Presiden Hari Ini, Elite Partai Merapat

Kompas.tv - 23 Februari 2023, 05:54 WIB
pks-deklarasi-anies-baswedan-calon-presiden-hari-ini-elite-partai-merapat
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswdan saat menghadiri perayaan hari ulang tahun (milad) ke-20 Partai Keadilan Sejahtera (PKS), di Istora Senayan Jakarta, Minggu (29/5/2022).  (Sumber: Tangkap Layar Youtube PKSTV)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hari ini, Kamis (23/2/2023), Partai Keadilan Sejahtera (PKS) bakal deklarasi meresmikan dukungan kepada Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) pada Pilpres 2024 mendatang. 

Acara deklarasi itu bakal digelar di Kantor DPP PKS di Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan. Acara deklarasi Anies Baswedan capres bakal digelar pukul 13.30 WIB siang nanti,

Selain deklarasi, bakal ada pembacaan hasil Hasil Musyawarah Majelis Syura VIII PKS dan terkait dengan Pilpres 2024. 

Presiden PKS H. Ahmad Syaikhu dan para elite PKS, dijadwalkan akan membacakan langsung hasil rekomendasi musyawarah Majelis Syuro PKS tersebut.

Selain itu, bakal dikabarkan beberapa agenda PKS jelang pemilu 2024, serta tentu saja dukungan dan langkah terkait Pilpres 2024. 

Jubir PKS, Ahmad Kholid juga menyebut, Anies Baswedan direncanakan akan hadir langsung dalam deklarasi itu. 

"Pak Aniesnya, insya Allah diundang," paparnya, Rabu, kepada awak media. 

Adapun PKS kini tergabung dengan parpol pengusung Mantan Gubernur DKI Jakarta itu, bersama Demokrat dan NasDem. Ketiga parpol itu disebut-sebut tak lama lagi bakal mendeklarasikan Koalisi Perubahan sebagai poros pengusung Anies Baswedan untuk Capres 2024. 

Baca Juga: Pengakuan AHY, Ada SBY di Balik Keputusan Demokrat Akhirnya Dukung Anies Baswedan

PKS Dukung Anies dari Hasil Pertemuan di Turkiye

Sebelumnya seperti diberitakan, PKS akhirnya mengumumkan dukung Anies Baswedan usai para petinggi diskusi di Turkiye.

Ia menyebut pihaknya selalu terlibat menjadi bagian koalisi yang mendukung Anies pada Pilpres 2024.

"Partai NasDem dan Partai Demokrat sudah menyatakan, secara eksplisit-organisatoris bahwa mereka mendukung Bapak Anies," Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Sohibul Iman dalam konferensi pers yang disiarkan Kompas TV, Senin (31/1/2023).

"Muncul beberapa pertanyaan kepada PKS, sekalipun jubir-jubir PKS dan juga saya tegaskan pada hari Jumat yang lalu bahwa PKS hadir di dalam tim kecil itu menunjukkan bahwa PKS mendukung Bapak Anies Rasyid Baswedan," sambungnya. 

Menurut dia, pernyataan ini disampaikan usai ia serta Ketua DPP PKS Bidang Polhukam Al Muzzammil Yusuf dan Juru Bicara PKS Pipin Sopian bertemu dengan Presiden PKS Ahmad Syaikhu dan Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Al-Jufri di Istanbul, Turki, 27 Januari 2023.

Baca Juga: Kubu Anies Baswedan Respons Elektabilitas Turun di Survei Litbang Kompas, Klaim Internal Berbeda


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x