Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Pabrik Sepatu Adidas dan Nike Bakal PHK 6.000 Karyawan di Vietnam, Dimulai Akhir Bulan Ini

Kompas.tv - 22 Februari 2023, 07:14 WIB
pabrik-sepatu-adidas-dan-nike-bakal-phk-6-000-karyawan-di-vietnam-dimulai-akhir-bulan-ini
Produsen sepatu terbesar di dunia, Pou Chen Corp, akan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 6.000 karyawannya di Vietnam. Pou Chen memasok sepatu untuk Nike dan Adidas. (Sumber: straitstimes.com)
Penulis : Dina Karina | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Produsen sepatu terbesar di dunia, Pou Chen Corp, akan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 6.000 karyawannya  di Vietnam.

Pabrik yang membuat sepatu untuk Nike dan Adidas itu akan mengurangi 3.000 karyawan di akhir bulan ini. Sedangkan 3.000 orang lainnya tidak akan diperpanjang kontraknya pada akhir tahun ini.

Mengutip dari The Straits Times, Rabu (22/2/2023), Pou Chen yang merupakan perusahaan asal Taiwan, memangkas karyawannya karena pelemahan permintaan global.

Adapun pabrik Pou Chen di Vietnam berada di Kota Ho Chi Minh dengan 50.500 orang pekerja dan menjadi salah satu pabrik dengan jumlah pekerja terbanyak di negara tersebut.

"Perusahaan akan dengan hati-hati menanggapi perubahan dinamis dalam lingkungan bisnis," kata pihak Pou Chen dalam pengajuan ke bursa Taiwan.

Sebelumnya, Pou Chen sempat mengalami kekurangan pekerja dan gangguan manufaktur di Vietnam akibat pandemi Covid-19 pada 2021 lalu. Namun saat ini, mereka harus memangkas ribuan pekerja.

Baca Juga: Yahoo, Disney, Zoom, Dell, Paypal, dan eBay PHK Ribuan Karyawan

Adapun ekonomi Vietnam juga tengah melemah saat ini. Dimana ekspor Vietnam pada Januari turun 26 persen dari tahun sebelumnya, dengan impor turun 24 persen.

Impor yang turun juga berasal dari barang modal untuk industri, yang mencerminkan pelemahan aktivitas bisnis di Vietnam.

Susul PHK di Indonesia

Selain di Vietnam, Pou Chen Group sudah lebih dulu mem-PHK pegawainya di Indonesia.

Diberitakan KOMPAS.TV sebelumnya, anak usaha Pou Chen Group di Indonesia, PT Nikomas Gemilang menawarkan pensiun kepada 1.600 karyawannya.

Mengutip dari laman resminya, Pou Chen Corporation didirikan di Taiwan pada September 1969 oleh Keluarga Tsai. Perusahaan itu awalnya memproduksi bahan kanvas dan karet untuk bagian alas sepatu.

Dalam perkembangannya, perusahaan memfokuskan diri untuk membuat sepatu olahraga dan memasok sepatu untuk sejumlah merek ternama dunia. Diantaranya adalah Nike, Adidas, Puma, Converse, Asics, New BalanceBalance, Timberland, dan Salomon.

Pou Chen kini mempunyai dua bisnis utama yaitu alas kaki dan ritel. Selain Nikomas Gemilang, Pou Chen juga memiliki sejumlah anak perusahaan lainnya. Pou Chen mempunyai pabrik di Indonesia, Taiwan, Bangladesh, Kamboja, Myanmar, China, Vietnam, Amerika Serikat, dan Mexico.

Baca Juga: Transmart PHK Karyawan Imbas Penutupan Tujuh Gerainya, Ini Kata Manajemen

Pou Chen Group kini menjadi produsen sepatu olahraga dan sepatu kasual terbesar di dunia, dengan produksi 300 juta pasang sepatu setiap tahunnya.

Di Indonesia, bisnis Pou Chen berada dikelola oleh PT Nikomas Gemilang. Nikomas awalnya mempunyai pabrik di Serang, Banten sejak 1992 dengan dengan luas pabrik 285 hektar.

Kemudian pada 2007, Nikomas membuka pabrik di Cikembar dan di Sukalarang pada 2008. Keduanya berada di wilayah Kabupaten Sukabuni, Jawa Barat.Cianjur Lalu pada 2015, Nikomas membuka pabrik di Cianjur.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x