Kompas TV internasional kompas dunia

Kunjungi Jakarta, Menlu China Akan Bertemu Jokowi, Retno, hingga Luhut, Bahas Apa?

Kompas.tv - 21 Februari 2023, 17:46 WIB
kunjungi-jakarta-menlu-china-akan-bertemu-jokowi-retno-hingga-luhut-bahas-apa
Ilustrasi. Menteri Luar Negeri China Qin Gang. Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menyambut Qin Gang yang berkunjung ke Jakarta pada Selasa (21/2/2023). Qin diagendakan bertemu Presiden Joko Widodo dan sejumlah pejabat tinggi, termasuk Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. (Sumber: Liu Jie/Xinhua via Antara)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menyambut Menteri Luar Negeri China Qin Gang yang berkunjung ke Jakarta pada Selasa (21/2/2023). Qin dijadwalkan akan bertemu Presiden Joko Widodo dan sejumlah pejabat tinggi, termasuk Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan.

Kementerian Luar Negeri RI menyebut kunjungan Qin ke Indonesia akan berlangsung hingga Kamis (23/2). Qin Gang juga dijadwalkan bertemu dengan Menlu Retno untuk Sidang Komisi Bersama (SKB) RI-China ke-4.

Baca Juga: Tiga Negara Ini Disebut Paling Diuntungkan dari Perang Ukraina, Ada India dan China

“Pertemuan tersebut akan terpusat pada usaha bersama untuk memperkuat Kemitraan Strategis Komprehensif Indonesia-China antara lain di bidang perdagangan dan investasi, infrastruktur, maritim, kesehatan, konektivitas, dan pertukaran masyarakat,” demikian bunyi pernyataan Kementerian Luar Negeri RI dikutip Antara.

Penyelenggaraan SKB kedua negara bertepatan dengan peringatan 10 tahun Kemitraan Strategis Komprehensif Indonesia-China yang disepakati pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono pada 2013 silam.

Sebelumnya, di KTT G20 Bali, Presiden Jokowi dan Presiden Xi Jinping telah menyepakati pembentukan rencana aksi kemitraan. Rencana aksi ditujukan untuk memantapkan kemitraan Indonesia-China melalui kerja sama konkret kedua negara selama lima tahun ke depan.

China sendiri tercatat sebagai investor asing terbesar kedua di Indonesia. Pada 2022 lalu, perdagangan bilateral Indonesia-China mencatatkan rekor 133,65 juta dolar AS atau sekitar 2 triliun rupiah. Perdagangan Indonesia-China juga diwarnai defisit perdagangan yang berkurang signifikan di pihak Indonesia.

Qin Gang baru ditunjuk menjadi menteri luar negeri China pada akhir 2022 lalu. Ini adalah lawatan pertamanya ke Indonesia sebagai menteri.

Baca Juga: Perusahaan Chip Komputer Besar Tuduh Eks Pekerja di China Curi Teknologi, Bukan Pertama Kalinya

 



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x