Kompas TV nasional hukum

Mahfud Sebut Personel Keamanan Sudah Kepung Lokasi Penyanderaan Pilot Susi Air

Kompas.tv - 21 Februari 2023, 15:44 WIB
mahfud-sebut-personel-keamanan-sudah-kepung-lokasi-penyanderaan-pilot-susi-air
Menteri Koordinator (Menko) Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) Mahfud MD saat memberikan keterangan kepada wartawan terkait vonis Bharada E di kawasan Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (15/2/2023). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV/Nadia)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV – Personel keamanan sudah mengetahui lokasi penyanderaan pilot Susi Air Capt. Philip Mark Mehrtens oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) dan sudah mengepungnya.

Penjelasan itu disampaikan oleh Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) RI Mahfud MD di Jakarta, Selasa (21/2/2023).

Awalnya, Mahfud menyebut bahwa pemerintah telah mengetahui permintaan KKB pimpinan Egianus Kogoya yang meminta Papua merdeka sebagai syarat pilot Susi Air dilepas kembali ke pemerintah.

Namun, kata Mahfud, pemerintah sudah mengetahui lokasi persembunyian mereka dan telah mengepungnya.

"Ini masalahnya yang disandera orang asing, dan begini: 'pokoknya sandera ini akan kami lepas kalau Papua dilepas'. Itu ancamannya,” kata Mahfud menirukan ancaman KKB, dikutip Tribunnews.com.

“Saya katakanlah, 'lho, saya sudah tahu lho, tempatnya, koordinat berapa', seperti itu. 'Kamu sudah kita kepung sekarang'," ujar Mahfud saat berbincang dengan sejumlah tokoh di kantornya.

Meski sudah mengetahui lokasi penyanderaan, Mahfud mengakui adanya kendala untuk melakukan penggerebekan terhadap KKB tersebut.

Baca Juga: Pembebasan Pilot Susi Air, Pangdam Cenderawasih: Negosiasi Mulai Terbuka

Sebab, pemerintah Selandia Baru tak mau warganya yang disandera, dieksekusi KKB.



Sumber : tribunnews.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x