Kompas TV regional peristiwa

Situasi Terkini Penyelamatan Kapolda Jambi Cs di Kerinci, Cuaca Jadi Kendala, 20.00 WIB Maksimal

Kompas.tv - 20 Februari 2023, 17:14 WIB
situasi-terkini-penyelamatan-kapolda-jambi-cs-di-kerinci-cuaca-jadi-kendala-20-00-wib-maksimal
Kondisi penumpang helikopter rombongan Kapolda Jambi yang mendarat darurat di di tengah hutan Bukit Tamia, Muara Emat, Kabupaten Kerinci, Minggu (19/2/2023). (Sumber: Antara)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Proses evakuasi rombongan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono di Kerinci, Jambi terkendala cuaca. Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan batas waktu evakuasi korban pendaratan darurat tersebut adalah pukul 20.00 WIB.

"Bila cuaca membaik proses evakuasi akan dilanjutkan. Batas waktu yang kami dapat dari Tim SAR yang ada di Merangin dan Kerinci adalah jam 20.00 WIB," tuturnya dalam konferensi pers, Senin (20/2/2023).

Dedi mengatakan bila penyelamatan tak memungkinkan dilakukan hari ini atau pada 20.00 WIB belum bisa dilakukan, evakuasi akan dilanjutkan esok hari.

"Apabila jam 20.00 WIB cuaca tak memungkinkan, proses evakuasi akan dilanjutkan besok pagi," tuturnya.

Baca Juga: Polri Siapkan Rumah Sakit untuk Rombongan Helikopter Kapolda Jambi

Selain itu evakuasi udara yang dilakukan tim gabungan terkendala oleh lokasi medan yang terjal. Helikopter penyelamat jelas Dedi harus bermanuver untuk melakukan evakuasi.

"Lokasi pendaratan darurat helikopter adalah tebing yang terjal. Pakai helikopter tidak bisa lurus atau vertikal tapi helikopter mundur dulu satu titik pada tebing kemudian menuju ke lokasi di mana helikopter itu mendarat," tuturnya.

Evakuasi sementara telah dilakukan pukul 13.30 WIB, Senin tadi oleh dua anggota Brimob dan dua dari kedokteran kepolisian.

"Kedokteran kepolisian memberikan perawatan medis, perawatan pada korban, khususnya Kapolda Jambi," lanjutnya.

Baca Juga: Tim SAR Tiba di Lokasi Evakuasi Helikopter Kapolda Jambi dan Rombongan, Semua Korban Selamat

Kemudian pihak Tim SAR juga ada yang berhasil mencapai lokasi.

Ia menyatakan problem evakuasi yang jadi kendala tim penyelamat adalah permasalah cuaca. Bila cuaca di lokasi berubah berangin, berkabut, hingga petir, maka penyelamatan harus ditunda.

"Yang jadi kendala utama dalam proses evakuasi adalah cuaca. Ketika sudah angin, berkabut, bahkan ada petir, maka proses evakuasi dihentikan. Evakuasi udara dihentikan dulu," tutur Dedi.

Baca Juga: Tim SAR Temukan Lokasi Kecelakaan Helikopter Rombongan Kapolda Jambi

Helikopter yang mengangkut Kapolda Jambi beserta rombongan dilaporkan mendarat darurat dalam perjalanan kunjungan kerja ke Polres Kerinci.

Sebanyak 8 orang dilaporkan menumpangi helikopter tersebut. Mereka adalah kru helikopter terdiri dari tiga orang yakni AKP Ali, AKP Amos F, dan Aipda Susilo.

Selanjutnya Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono, Dirreskrimum Polda Jambi Kombes Andri Ananta Yudistira, Dirpolairud Polda Jambi Kombes Michael Mumbunan, Korspripim Polda Jambi Kompol Ayani, dan aide-de-camp Kapolda Jambi.

Seluruh penumpang selamat meski ada yang mengalami luka-luka. Kapolda Jambi dilaporkan mengalami luka parah.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x