Kompas TV internasional kompas dunia

Mengejutkan, Kim Jong-Un Tak Hadiri Upacara Ulang Tahun Mendiang Ayahnya

Kompas.tv - 17 Februari 2023, 17:15 WIB
mengejutkan-kim-jong-un-tak-hadiri-upacara-ulang-tahun-mendiang-ayahnya
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un. (Sumber: Korean Central News Agency/Korea News Service via AP)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Vyara Lestari

PYONGYANG, KOMPAS.TV - Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un secara mengejutkan tak menghadiri upacara ulang tahun di makam ayahnya, Kim Jong-il.

Apa yang dilakukan Kim Jong-un, Kamis (16/2/2023) itu, menjadi kali pertama kali baginya tak menghadiri upacara ulang tahun di makam mantan pemimpin Korea Utara tersebut.

Seperti dilaporkan Rodong Sinmun dikutip dari NK News, Jumat (17/2/2023), anggota senior partai dan pejabat pemerintah termasuk Wakil Kabinet Kim Tok-hun, Choe Ryong-hae, dan Ri Pyong-chol memberikan penghormatan terhadap dua mantan pemimpin Korea Utara di Istana Kumsusan di Pyongyang.

Menurut surat kabar Korea Utara tersebut, Kim Jong-un mengirimkan keranjang bunga sebagai penghormatan.

Baca Juga: Kim Jong-Un Mulai Tunjukkan Putrinya di Depan Umum, Rakyat Korea Utara Malah Rasakan Kepahitan

Tetapi tak disebutkan mengenai kedatangannya di upacara itu atau acara lainnya di Pyongyang yang merayakan ulang tahun ke-81 Kim Jong-il.

Kim Jong-un sendiri biasanya mengunjungi Kumsusan setiap perayaan ulang tahun Kim Jong-il, yang dikenal sebagai “Hari Bintang Bersinar”, sejak ayahnya itu meninggal pada Desember 2011.

Satu-satunya pengecualian adalah pada tahun lalu, ketika Kim Jong-un malah memimpin perayaan ulang tahun Kim Jong-il ke-80 di kota perbatasan Samjiyon, di dekat Gunung Paektu.

Tempat tersebut diklaim sebagai tempat kelahiran Kim Jong-il.



Sumber : News NK


BERITA LAINNYA



Close Ads x