Kompas TV internasional kompas dunia

Presiden Jokowi Ungkap INASAR Dipuji Erdogan, Dianggap Cepat Bertindak dalam Operasi Gempa Turki

Kompas.tv - 17 Februari 2023, 15:56 WIB
presiden-jokowi-ungkap-inasar-dipuji-erdogan-dianggap-cepat-bertindak-dalam-operasi-gempa-turki
Presiden Jokowi saat berbicara dengan tim INASAR dan Dubes Indonesia untuk Turki, Lalu Muhammad Iqbal di Pusat Komando Basarnas, Kamis (16/2/2023). (Sumber: Biro Pers Sekretariat Presiden Via Tribunnews)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan Tim Indonesia Search and Rescue (INASAR) mendapatkan pujian dari Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Erdogan memuji gerak cepat INASAR dalam membantu korban gempa Turki usai tiba di negara itu. 

Hal itu diungkapkan Presiden Jokowi saat menyapa Tim INASAR dan Duta Besar Indonesia untuk Turki Lalu Muhammad Iqbal yang menjalankan misi kemanusiaan terkait gempa Turki.

Pertemuan itu dilakukan lewat sambungan video yang dilakukan di Pusat Komando Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) di Jakarta, Kamis (16/2/2023).

Baca Juga: PBB Peringatkan Jumlah Korban Tewas Gempa Suriah akan Meningkat Tajam

Pada perbincangan tersebut, Presiden Jokowi menanyakan kondisi terakhir di Turki.

Pemimpin Tim INASAR dalam operasi di Turki, Yopi Haryadi mengungkapkan korban jiwa gempa Turki telah melampaui 30 ribu korban.

Ia pun menambahkan, Tim INASAR terus terjun ke lapangan untuk membantu proses evakuasi korban yang masih tertimpa bangunan.

Dalam laporannya, dikutip dari Tribunnews, Yopi mengatakan Tim INASAR telah tiba di Bandara Adana pada Senin (12/2/2023).



Sumber : Tribunnews


BERITA LAINNYA



Close Ads x