Kompas TV bisnis kebijakan

Ditunda, Pemerintah dan DPR Bakal Tetapkan Biaya Haji 2023 Besok

Kompas.tv - 14 Februari 2023, 20:29 WIB
ditunda-pemerintah-dan-dpr-bakal-tetapkan-biaya-haji-2023-besok
Ilustrasi jemaah haji melaksanakan tawaf mengelilingi Ka'bah di Masjidil Haram. Kementerian Agama (Kemenag) dan Komisi VIII DPR RI menetapkan biaya haji 2023. (Sumber: AP Photo/Amr Nabil)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama (Kemenag) dan Komisi VIII DPR RI mengundur penetapan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) 2023.

Seperti diketahui, sejatinya penetapan biaya ibadah haji 2023 dijadwalkan pada hari ini Selasa (14/2/2023). 

Namun, karena belum ditemukannya titik temu terkait penetapan biaya haji antara pemerintah dengan DPR, maka Rapat Dengar terkait pembahasan komponen biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji 2023 dilanjutkan pada Rabu (15/2) besok.

Adapun penundaan ini dilakukan untuk memberikan kesempatan kepada pihak Kemenag untuk mencoba melakukan negosiasi terkait aspirasi yang disampaikan oleh DPR.

"Besok pagi kita buka kembali, sambil memberikan kesempatan kepada pemerintah, dan kepada kita juga untuk mencari informasi terkait dengan permintaan kita," kata Wakil Ketua Komisi VIII DPR yang juga Ketua Panja Komisi VIII DPR Marwan Dasopang, dalam rapat dengar, Selasa.

Marwan pun meminta maaf kepada masyarakat karena pihaknya belum dapat menetapkan biaya haji 2023 pada hari ini seperti yang telah dijanjikan sebelumnya. 

"Kami atas nama Panja memohon maaf kepada masyarakat yang kami jadwalkan malam ini, paling tidak sudah ada pengambilan keputusan terpaksa kita tunda sampai besok," jelasnya.

Penundaan penetapan biaya haji, kata dia, demi kemaslahatan jemaah dan perbaikan penyelenggaraan haji.

Baca Juga: DPR: Usulan Kenaikan Biaya Haji Jadi Rp 69 Juta Beratkan Jemaah



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x