Kompas TV regional viral

Temuan Uang Rp100 Juta di Tas Milik ODGJ yang Meninggal di SPBU Depok Hebohkan Warga

Kompas.tv - 14 Februari 2023, 11:36 WIB
temuan-uang-rp100-juta-di-tas-milik-odgj-yang-meninggal-di-spbu-depok-hebohkan-warga
Warga menghitung uang kertas dan recehan dari tas milik pria lansia bernama Minan, nominalnya mencapai Rp100 juta, Senin (13/2/2023). (Sumber: Istimewa)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Iman Firdaus

DEPOK, KOMPAS.TV - Pria lanjut usia benama Minan dilaporkan meninggal dunia di depan stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) Jalan Pramuka, RT 003/RT 001, Grogol, Limo Kota Depok, Senin (13/2/2023). Minan, berusia 70 tahun, dikenal warga sebagai orang dengan gangguan jiwa (ODGJ).

Kabar meninggalnya Minan diketahui adiknya, Minah,  yang mendapat kabar dari tetangga. Meninggalnya Minan sontak menjadi tontonan warga yang tengah mengisi bensin.

"Ada orang ngasih tahu Minan meninggal, mana jadi tontonan orang di pom bensin," kata Minah, Senin (13/2) dikutip dari Kompas.com.

Keluarga dan tetangga kemudian mengebumikan jenazah Minan ke tempat pemakaman umum (TPU) di kawasan Grogol, Depok. Seusai memakamkan jenazah, Minah beserta keluarga membuka tas peninggalan Minan.

Betapa terkejutnya mereka, tas yang ditinggalkan Minan berisi segepok uang kertas hingga uang koin. Temuan itu kemudian dihitung bersama-sama dengan warga. 

Baca Juga: Kisah Tiko, 12 Tahun Merawat Ibu yang Mengidap ODGJ Tanpa Listrik dan Air

"Setelah almarhum dikubur, tas itu dibuka ramai-ramai. Masyaallah duit banyak banget, yang bantuin ngitung juga banyak banget," jelas Minah.

Uang yang di dalam tas tersebut berisi uang pecahan Rp2.000 hingga Rp100.000. Sementara untuk uang pecahan ada Rp500 hingga Rp1.000. Jumlahnya sangat banyak.

Penghitungan uang tersebut memakan waktu berjam-jam. Hasilnya diketahui bahwa uang yang ditinggalkan Minan mencapai Rp100 juta.

"Total (uang kertasnya) sekitar Rp 100 juta. Masih ada itu yang receh logam dihitung sekitar Rp 600.000," kata dia.

Baca Juga: Diungkap Langsung oleh Kamaruddin: Ferdy Sambo Tawarkan Uang Besar pada Saya

Uang tersebut rencananya akan digunakan untuk pengajian hingga sedekah. 

"Buat pengajian sampai tujuh hari, terus 40 hari, terus mau berkurban atas nama dia (Minan). Sama mau bikin makam," ujar Minah.

Sementara sisanya akan diberikan untuk zakat hingga menyumbang. Keluarga menyatakan keikhlasannya uang tersebut digunakan untuk beramal. 

"Kalau ada lebih, sisanya saya mau zakatin ke anak yatim piatu, sama sumbangin ke masjid, karena itu buat dia nanti di akhirat. Saya mah ikhlas dunia akhirat," sambung dia.

Baca Juga: Begini Kronologi Penemuan Jasad Pria di Kontrakan, Diduga Ia Sudah Meninggal Selama 3 Hari!



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x