Kompas TV internasional kompas dunia

Serbu Berbagai Titik di Tepi Barat, Tentara Israel Tembak Mati Seorang Pemuda Palestina

Kompas.tv - 13 Februari 2023, 18:08 WIB
serbu-berbagai-titik-di-tepi-barat-tentara-israel-tembak-mati-seorang-pemuda-palestina
Ilustrasi. Pengunjuk rasa di Jericho, Tepi Barat, (6/2/2023). Seorang pemuda Palestina dilaporkan ditembak mati oleh pasukan Israel dalam operasi penggerebekan yang berujung baku tembak di Nablus, kawasan Tepi Barat, Senin (13/2/2023). Selain menewaskan seorang pemuda, peluru tentara Israel juga melukai sedikitnya tujuh orang lain. (Sumber: AP Photo/Nasser Nasser)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Purwanto

YERUSALEM, KOMPAS.TV - Seorang pemuda Palestina dilaporkan ditembak mati oleh pasukan Israel dalam operasi penggerebekan yang berujung baku tembak di Nablus, kawasan Tepi Barat, Senin (13/2/2023). Selain menewaskan seorang pemuda, peluru tentara Israel melukai sedikitnya tujuh orang lain.

Militer Israel dilaporkan menggelar serangkaian penggerebekan di berbagai tempat di Tepi Barat sejak Minggu (12/2) malam waktu setempat. Di Nablus, ketika hendak menangkap dua orang yang diduga membunuh tentara Israel pada Oktober lalu, tentara Israel mengaku ditembaki.

Militer Israel menyebut dua orang yang dicari terluka dalam baku tembak kemudian ditangkap.

Baca Juga: 45 Warga Palestina Tewas sepanjang 2023, Pemimpin Negara-Negara Arab dan Muslim Peringatkan Israel

Sementara itu, Kementerian Pertahanan Palestina menyebut korban tewas dalam insiden ini bernama Amir Bustami, berusia 21 tahun. Belum diketahui apakah Amir terlibat baku tembak.

Insiden ini menambah panjang daftar kekerasan yang terjadi di Tepi Barat dan Yerusalem belakangan ini. Sepanjang 2023, menurut hitungan Associated Press, setidaknya ada 46 orang Palestina yang dibunuh tentara Israel.

Pada 2022, hampir 150 orang Palestina dibunuh. Menurut organisasi hak asasi manusia Israel, B'Tselem, 2022 pun menjadi tahun paling berdarah bagi Palestina sejak 2004.

Tel Aviv brulangkali mengklaim orang Palestina yang tewas adalah milisi. Namun, menurut otoritas Palestina dan tinjauan media, sebagain korban tewas merupakan warga sipil yang tidak terlibat konfrontasi.

Baca Juga: Pemukim Yahudi Tembak Mati Warga Palestina, Tentara Israel Malah Melindungi Kelompok Pelaku

 



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x