Kompas TV nasional rumah pemilu

PKB: Pertemuan Cak Imin dengan Airlangga Tak Melanggar Kesepakatan dengan Gerindra

Kompas.tv - 10 Februari 2023, 19:26 WIB
pkb-pertemuan-cak-imin-dengan-airlangga-tak-melanggar-kesepakatan-dengan-gerindra
Wakil Ketua Umum (Waketum) PKB Jazilul Fawaid. (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid mengatakan, pertemuan antara ketua umumnya, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin,  dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto tak melanggar kesepakatan dengan Partai Gerindra. 

Diketahui, PKB dan Gerindra telah menyatakan berkoalisi menyongsong gelaran Pilpres 2024. Mereka menamakan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya. 

Baca Juga: Cak Imin Bertemu Elite Golkar, Gerindra Singgung soal Kesepakatan dengan PKB

"Komunikasi yang dibangun, PKB-Gerindra, Cak Imin dengan Pak Airlangga itu tidak melewati batas pakta koalisi yang dibangun bersama Partai Gerindra, itu tidak ada masalah," kata Jazilul kepada wartawan, Jumat (10/2/2023). 

Menurut dia, kesepakatan yang telah disepakati PKB dan Gerindra itu membebaskan kedua partai politik (parpol) untuk menjalin komunikasi dengan parpol lain. 

"Dan memang dalam piagam koalisi yang disepakati PKB-Gerindra itu tetap membuka komunikasi dengan partai-partai lain untuk bergabung," ujarnya. 


 

Ia menjelaskan, dalam kesepakatan dengan Gerindra itu diputuskan bahwa nama capres dan cawapres itu harus dibicarakan dengan Prabowo Subianto dan Cak Imin. 

"Jadi, sepanjang tidak membicarakan soal capres dan cawapres dengan partai lain enggak ada masalah, namanya kita sedang merekrut, membangun komunikasi siapa tahu ada kesepahaman," ujarnya. 

Sebelumnya, Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengingatkan PKB agar terus berkomitmen terhadap kesepakatan yang telah dibangun bersama partainya dalam membangun Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya. 

Hal ini menanggapi pertemuan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di Istora Senayan, Jakarta, Jumat (10/2/2023).   

"Saya pikir apa yang sudah kami sepakati dengan PKB sudah jelas. Saya pikir apa yang dilakukan PKB itu adalah seperti yang sudah dibicarakan. Kunjungan partai-partai itu untuk saling memperkuat ikatan koalisi," kata Dasco di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (10/1/2023). 

Baca Juga: Begini Respons Prabowo Saat Tahu Cak Imin Ketemu Golkar Hari Ini

Ia meyakini pertemuan Cak Imin dengan Airlangga itu tak akan merusak  Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya.

"Saya pikir pertemuan antar partai politik dalam menghadapi pemilu itu baik dan bagus saja bahwa kemudian PKB dan Golkar itu melakukan silaturahmi dan komunikasi yaitu memang yang harus," ujarnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x