Kompas TV internasional kompas dunia

Gempa Turki dan Suriah: PMI Beri Donasi USD100.000 dan Kirim Tim Dokter

Kompas.tv - 10 Februari 2023, 15:37 WIB
gempa-turki-dan-suriah-pmi-beri-donasi-usd100-000-dan-kirim-tim-dokter

Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla menyerahkan bantuan sebesar USD 100.000 kepada Dubes Turki untuk Indonesia yang diwakili Omer Orhun Celikol selaku Chargé d'Affaires, untuk korban gempa Turki dan Suriah di Jakarta pada Jumat (10/2/2023). (Sumber: Kompas TV)

Penulis : Dian Nita | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla menyerahkan bantuan sebesar USD100.000 atau senilai sekitar Rp1,5 miliar untuk para korban gempa di Turki dan Suriah. 

Kalla mengatakan, pemberian bantuan tersebut sebagai bentuk rasa kemanusiaan dan uluran tangan Indonesia untuk Turki.

"Saya mengharapkan kita semua membantu, sama dengan waktu kita (mengalami, -red) bencana tsunami di Aceh itu Turki sangat membantu Indonesia," ujar JK, sapaan Kalla, di Jakarta, Jumat (10/2/2023), dipantau dari tayangan Breaking News Kompas TV.

Ia mengatakan bantuan uang tunai senilai USD100.000 merupakan donasi tahap pertama. Selain itu, Indonesia akan mengirimkan tim dokter.

Baca Juga: Siswa SD Sisihkan Uang Jajan untuk Korban Gempa Turki

"Termasuk lima dokter dan perawat dari Palang Merah, besok berangkat," ungkap JK.

Terkait bantuan logistik, ia mengaku untuk saat ini, PMI hanya mengirimkan sumbangan dalam bentuk uang tunai. Menurutnya, hal ini lebih praktis dan efektif.

"Kita mempunyai kebijakan lebih baik mengirim dengan cash, kalau logistik belum tentu, misalnya kita kirim selimut, selimut kita tipis, mereka butuhnya tebal, kita kirim makanan? Itu tidak cocok. Jadi memakai cash lebih efektif, lebih murah dan sesuai kebutuhan," tuturnya.

Wakil Presiden RI ke-10 dan 12 itu juga mengimbau kepada masyarakat yang ingin mengirimkan bantuan kepada korban gempa Turki dan Suriah bisa dalam bentuk uang tunai melalui penggalangan dana yang dilakukan PMI. 

"Kita juga membantu mengumpulkan donasi dari masyarakat, jadi masyarakat yang ingin menyumbang bisa lewat Palang Merah Indonesia," tutupnya.

Baca Juga: Umat Islam Diminta Doakan Korban Gempa Turki, Ini Tata Cara Salat Gaib

Dubes Turki Berterima Kasih

Dubes Turki untuk Indonesia yang diwakili Omer Orhun Celikol selaku Chargé d'Affaires, mengucapkan terima kasih atas bantuan dari PMI untuk para korban gempa Turki.

"Pertama, saya ucapkan terima kasih kepada Jusuf Kalla dan PMI yang telah datang kemari untuk memberikan donasi yang tulus untuk para korban gempa di Turki," kata Celikol.

Menurutnya, donasi dari PMI itu akan membantu meringankan beban masyarakat Turki yang terdampak gempa.

"Kita sangat bersyukur dengan dukungan dari internasional, khususnya dari negara saudara kita Indonesia. Donasi ini akan membantu bagi banyak orang yang membutuhkan," ungkapnya.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x