Kompas TV nasional peristiwa

1.079 Gempa Terjadi di Jayapura sejak 2 Januari, Kenapa? Ini Penjelasan BMKG

Kompas.tv - 9 Februari 2023, 19:06 WIB
1-079-gempa-terjadi-di-jayapura-sejak-2-januari-kenapa-ini-penjelasan-bmkg
Gempa magnitudo 5,4 mengguncang Jayapura, Papua, Kamis (9/2/2023) pukul 13.28 WIB. (Sumber: ANTARA/HO-BMKG)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan setidaknya ada 1.079 gempa yang terjadi di Jayapura, Papua sejak awal Januari 2023 hingga Kamis (9/2/2023).

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyebut, dari 1.000 lebih gempa tersebut, 132 kali di antaranya dirasakan oleh masyarakat.

Lalu kenapa Jayapura begitu sering diguncang gempa sejak awal tahun ini? Kepala BMKG pun memberikan penjelasan terkait penyebab rentetan gempa tersebut.

Menurut pemaparannya, rentetan gempa tersebut terjadi lantaran kondisi batuan yang ada di wilayah Jayapura dan sekitarnya adalah batuan rapuh.

"Kenapa sampai 1.000 kali lebih? Nah, ini kejadian atau gempa yang sudah terjadi di wilayah Jayapura dan sekitarnya, sudah begitu sering kejadiannya, akibat dari kondisi batuan yang ada di wilayah tersebut batuan tipe rapuh," kata Dwikorita dalam konfrensi pers daring, Kamis (9/2) sore.

Kondisi rapuh tersebut, kata dia, mengakibatkan batuan sangat sensitif bergetar.

"Untuk terjadi pelepasan energi karena gempa bumi karena rapuhnya batuan, itu pelepasannya, tidak bisa seketika langsung selesai," jelasnya.

"Jadi ada beberapa porsi dari energi tersebut yang masih tertahan dan akan terlepas selama beberapa kali, menyesuaikan kondisi ini tadi, kerapuhan bantuan tadi."

Baca Juga: Gempa M 5,4 Terjadi di Jayapura, Penjabat Wali Kota Imbau Warga Waspadai Gempa Susulan

Senada dengan Dwikorita, Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono juga menyebut, kawasan gempa di Jayapura merupakan wilayah yang rawan pergeseran akibat kondisi batuan rapuh.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x