Kompas TV regional berita daerah

Perajin Keris, Pelestari Warisan Budaya

Kompas.tv - 9 Februari 2023, 12:45 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

 

GIANYAR, KOMPAS TV - sebagai salah satu warisan budaya leluhur,  keris telah menjadi ciri khas kebudayaan daerah di Indonesia. Seperti di Bali, keris telah menyatu kedalam berbagai kebutuhan upacara seperti saat melaksanakan pernikahan hingga upacara keagamaan.

Memandang pentingnya menjaga kelestarian dari keris, salah seorang perajin keris atau dikenal dengan pande besi di Gianyar terus melakoni kegiatan membuat keris dan berbagai perkakas berbahan besi lainnya. Meski pekerjaan sebagai pande besi di era kekinian telah banyak di tinggalkan, dirinya tetap bertahan untuk tetap mampu menjaga warisan leluhur.

Perajin melaksanakan aktivitas pembuatan keris pada tempat yang disebut dengan prapen. Keris bagi masyarakat Bali memiliki filosopi tersendiri,  seperti lambang dari ketajaman pikiran hingga lambang dari perjalanan kehidupan yang lurus atau berkelak kelok dengan tujuan yang sama.

Kedepannya generasi muda untuk dapat menjaga kelestarian hingga existensi keris. Aturan resmi dari pemerintah untuk penggunaan keris di masyarakat juga sangat diharapkan para perajin keris.

 

 

 

 

 

 

 

 

#keris  #kerisbali  #budayaindonesia



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x