Kompas TV nasional peristiwa

Bantu KPK Tangkap Harun Masiku, Polri Muter Bangun Kerja Sama Antar-Kepolisian di Luar Negeri

Kompas.tv - 7 Februari 2023, 21:02 WIB
bantu-kpk-tangkap-harun-masiku-polri-muter-bangun-kerja-sama-antar-kepolisian-di-luar-negeri
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan keterangan kepada wartawan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (16/1/2023). (Sumber: KOMPAS/HERU SRI KUMORO)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepolisian RI sedang membangun kerja sama dengan beberapa negara di ASEAN untuk mempermudah pencarian para pelaku tindak pidana yang melarikan diri. 

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menjelaskan saat ini tim dari Mabes Polri sedang berkeliling ke beberapa negara di ASEAN untuk mendorong terwujudnya kerja sama antar-kepolisian.

Diharapkan kerja sama yang disepakati antar negara ini dapat membantu aparat penegak hukum, seperti KPK dan Kejaksaan Agung dalam menangkap pelaku tindak pidana yang masuk dalam daftar pencarian orang (DPO).

"Mudah-mudahan ini bisa digunakan untuk membantu, melakukan penangkapan terhadap para pelaku atau buron yang saat ini berada di luar Indonesia. Khususnya di negara-negara yang saat ini bisa bentuk kerja sama police to police," ujar Kapolri saat jumpa pers di Istana Presiden, Selasa (7/2/2023).

Baca Juga: Begini Penjelasan Ketua KPK Firli Bahuri Soal Harun Masiku Masih Buron

Di kesempatan yang sama Ketua KPK Firli Bahuri menegaskan upaya menangkap para DPO pelaku tindak pidana korupsi terus dilakukan. 

Dalam catatan KPK ada 21 orang masuk DPO, dari jumlah itu KPK telah menangkap 17 orang di antaranya.

Empat DPO KPK yang belum ditangkap dan sedang dalam pengejaran yakni Harun Masiku (HM). Mantan Caleg PDI Perjuangan ini masuk dalam DPO KPK sejak 29 Januari 2020.

Harun merupakan tersangka kasus dugaan suap mantan Komisioner KPU Wahyu Setiawan terkait pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR periode 2019-2024.

Baca Juga: Respons Presiden Jokowi soal Harun Masiku: Itu Soal Teknis, Kalau Barangnya Ada Pasti Ditemukan



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x