Kompas TV internasional kompas dunia

Pilot Selandia Baru Diculik KKB Papua, Media Internasional Arus Utama Ramai Memberitakan

Kompas.tv - 7 Februari 2023, 19:34 WIB
pilot-selandia-baru-diculik-kkb-papua-media-internasional-arus-utama-ramai-memberitakan
Tangkapan layar pesawat Susi Air yang diduga dibakar di Nduga, Papua Pegunungan, Selasa (7/2/2023). Media internasional arus utama dunia hari Selasa, (7/2/2023) ramai memberitakan penculikan dan penyanderaan pilot Susi Air berkebangsaan Selandia Baru oleh Kelompok Kriminal Bersenjata yang menamakan diri kelompok separatis Papua. (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

JAYAPURA, KOMPAS.TV - Media internasional arus utama dunia ramai memberitakan penculikan dan penyanderaan pilot Susi Air berkebangsaan Selandia Baru oleh Kelompok Kriminal Bersenjata yang menamakan diri kelompok separatis Papua, Selasa (7/2/2023).

Selain menculik pilot, kelompok tersebut membakar pesawat kecil milik Susi Air yang membawa enam orang setelah mendarat di bandara terpencil di Provinsi Papua pada Selasa (7/2) pagi, kata Polda Papua dan pernyataan KKB Papua seperti dilaporkan Associated Press.

Kantor berita dunia seperti Associated Press, Reuters, serta media Al Jazeera memberitakan peristiwa tersebut, yang kemudian dikutip berbagai media dunia.

Juru bicara KKB Papua Sebby Sambom menuturkan, personil Tentara Pembebasan Papua Barat, sayap militer Organisasi Papua Merdeka menyerbu pesawat tak lama setelah mendarat di Paro di Nduga, sebuah distrik pegunungan.

Sambom mengatakan, anak buahnya yang dipimpin oleh komandan kelompok Egianus Kogeya membakar pesawat dan menyandera pilotnya, Philips Max Marthin, sebagai bagian dari perjuangan kemerdekaan mereka. Ia meminta semua penerbangan ke Nduga dihentikan.

Baca Juga: Kapolri Soal Pilot-Penumpang Susi Air Diamankan KKB: Dalam Pencarian Tim Gabungan..

Media internasional arus utama dunia ramai memberitakan penculikan dan penyanderaan pilot Susi Air berkebangsaan Selandia Baru oleh Kelompok Kriminal Bersenjata yang menamakan diri kelompok separatis Papua, Selasa (7/2/2023). (Sumber: Tribun Network)

"Kami telah menyandera pilot dan membawanya keluar," kata Sambom dalam sebuah pernyataan. “Kami tidak akan pernah melepaskan pilot yang kami sandera, kecuali Indonesia mengakui dan membebaskan Papua dari penjajahan Indonesia.”

Sambom tidak memberikan lokasi pilot, sementara status kelima penumpang, termasuk seorang anak kecil, belum segera jelas.

Kelima penumpang itu, menurut laporan kantor berita Antara, bernama Demanus Gwijangge, Minda Gwijangge, Pelenus Gwijangge, Meita Gwijangge, dan Wetina W.

Associated Press melaporkan, konflik kelompok bersenjata Papua dan pasukan keamanan Indonesia kerap terjadi di wilayah Papua yang miskin, bekas jajahan Belanda di bagian barat Papua Nugini yang secara etnis dan budaya berbeda dari sebagian besar wilayah Indonesia. 



Sumber : Kompas TV/Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x