Kompas TV regional berita daerah

Harimau Sumatera di Aceh Selatan Berhasil di Evakuasi

Kompas.tv - 7 Februari 2023, 12:17 WIB
Penulis : KompasTV Aceh

BAND ACEH, KOMPAS.TV - Satu individu Harimau Sumatera yang sempat menyerang warga di kawasan gunung Simpali, Manggamat Aceh Selatan berhasil diselamatkan dan dievakuasi oleh tim BKSDA, bersama lembaga konservasi dan masyarakat setempat. Harimau itu memasuki kandang jebak yang dipasang di lereng gunung agar tidak masuk ke perkampungan warga. Selanjutnya harimau dibawa ke Kantor Bidang Pengelolaan Taman Gunung Leuser Wilayah Satu, Tapaktuan.

Baca Juga: Pemasangan Perangkap untuk Harimau

Saat dievakuasi, jenis kelamin harimau adalah betina dengan usia diprediksi tiga atau tempat tahun. Harimau ini mengalami empat luka sayatan yang cukup parah dibeberapa tubuhnya seperti kepala, pipi, rahang dan punggung. Luka ini diduga terjadi saat korban melakukan upaya pembelaan diri saat diserang harimau, namun tim medis akan mendalami lebih lanjut penyebab dari luka sayatan itu.

Selain itu tim medis juga melakukan observasi dan pengecekan laboratorium untuk melihat potensi penyakit lainnya yang diderita harimau.

Menurut BKSDA, warga seharusnya tidak melakukan aktivitas di lokasi kejadian, karena itu masih termasuk kawasan hutan lindung, sehingga rawan untuk dimasuki warga. Selain itu mereka juga melakukan sosialisasi dan mengingatkan warga agar waspada dan tidak melakukan pengrusakan hutan atau habitat satwa liar yang ada didaerah itu.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x