Kompas TV regional berita daerah

Penderita Demam Keong Akan Mendapatkan Penyaluran Obat

Kompas.tv - 4 Februari 2023, 19:49 WIB
Penulis : KompasTV Palu

PALU, KOMPAS.TV - Kementerian Kesehatan Indonesia mengantarkan 4 paket obat praziquantel untuk penderita demam keong di Provinsi Sulawesi Tengah. Dari Dinas Kesehatan Sulawesi Tengah, obat akan di antar ke Kabupaten Poso dan Kabupaten Sigi.

Data dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah, di dua kabupaten yang terpapar penyakit schistomiasis atau demam keong, berumlah 240 orang. Di Kabupaten Poso dan Kabupaten Sigi, ada 18 desa yang warganya terpapar. Jumlah ini diketahui meningkat dari tahun sebelumnya.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia kemudian mengupayakan obat bernama praziquantel untuk di salurkan ke penderita.

Epidomiolog Kesehatan Kemenkes RI,  Lusy Levina mengatakan, proses mendapatkan obat sulit karena tidak memiliki ijin edar di Indonesia.

Selain memberikan penangan pada pasien,  Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah akan berkoordinasi  dengan sektor lain. Seperti menjamin lahan bebas dari schistomiasis atau cacing parasit yang menjadi sumber infeksi.

Selain itu memberikan pemahaman ke warga yang wilayahnya terpapar juga terus dilakukan. Penyakit demam keong ini berasal dari infeksi cacing parasit yang masuk ke tubuh manusia atau hewan. Penderitanya akan merasakan demam.

#PenyaluranObat #DemamKeong #KementerianKesehatanRI 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x