Kompas TV regional peristiwa

Saat Walikota Magelang Kaget Kantornya Dipasang Logo TNI: Saya Harus Bertemu Langsung Panglima

Kompas.tv - 4 Februari 2023, 05:16 WIB
saat-walikota-magelang-kaget-kantornya-dipasang-logo-tni-saya-harus-bertemu-langsung-panglima
Puluhan anggota TNI mendatangi kantor Walikota Magelang, Jawa Tengah, Jumat (3/7/2020). Mereka memasang beberapa patok plang atau papan nama di area depan kantor tersebut. Papan itu bertuliskan Tanah dan Bangunan Ini Milik Dephankam Cq. Mako Akabri/Mako Akademi TNI, Berdasarkan SHP No.9 Tahun 1981, IKN No.2020335014, Luas Tanah 40.000 M2. (Sumber: (KOMPAS.COM/IKA FITRIANA))
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Gading Persada

MAGELANG, KOMPAS.TV - Wali Kota Magelang Muchammad Nur Aziz mengaku kaget Gedung Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang dipasangi logo TNI lagi.

"Memang agak kaget karena pada tanggal 13 September 2022 kami sudah menandatangani nota kesepahaman dengan TNI dan Kementerian Keuangan," kata Muchammad Nur Aziz di Magelang, Jawa Tengah pada Jumat, (3/2/2023).

Baca Juga: Kantor Wali Kota Magelang Dipasangi Patok TNI, Sigit: Kami Lihat Dokumen 1985, Aset Sudah Diserahkan

Dalam nota kesepahaman itu, kata Aziz, sudah ada tahapan-tahapan tentang penyerahan aset dari TNI yang sejak 1985 dipakai dan akan dikembalikan.

Setelah penandatangan kesepahaman itu, pihaknya juga meminta kepada Panglima agar logo maupun plang-plang yang menyatakan bahwa itu tanah TNI untuk sementara dilepas sampai nanti penyerahan sesuai dengan kesepakatan pada tahun 2025.

"Hari ini terjadi pemasangan logo lagi. Mungkin ada yang belum memahami secara tepat. Oleh karena itu, kebijakan antara institusi TNI yang ditandatangani oleh Panglima TNI sendiri waktu itu Jenderal TNI Andika Perkasa, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Walikota Magelang," ujarnya.

Ia berharap mudah-mudahan pemasangan logo TNI ini bisa ditinjau ulang karena Pemkot Magelang sudah sepakat akan diserahkan. 

Baca Juga: TNI Pasangi Patok di Kantor Wali Kota Magelang, Komandan: Kami Minta Aset Diserahkan Secepatnya

Bahkan, pihaknya kini sudah menyiapkan diri dengan penetapkan perda, yaitu cadangan pembangunan Balai Kota Magelang pada tahun 2022-2024 yang telah disetujui DPRD Kota Magelang.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x