Kompas TV internasional kompas dunia

Arab Saudi Tidak Keberatan Rusia Gabung ke Federasi Sepak Bola Asia AFC

Kompas.tv - 2 Februari 2023, 08:36 WIB
arab-saudi-tidak-keberatan-rusia-gabung-ke-federasi-sepak-bola-asia-afc
Arab Saudi hari Rabu, (01/2/2023) menyatakan tidak akan keberatan jika Rusia bergabung dengan Konfederasi Sepak Bola Asia AFC, kata menteri olahraga Arab Saudi Abdulaziz bin Turki Al-Faisal (Sumber: France24)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Gading Persada

MANAMA, KOMPAS.TV - Arab Saudi menyatakan tidak akan keberatan jika Rusia bergabung dengan Konfederasi Sepak Bola Asia AFC.

Hal ini seperti disampaikan Menteri Olahraga Arab Saudi Abdulaziz bin Turki Al-Faisal seperti dilaporkan France24, Rabu (1/2/2023), saat pejabat Rusia mencari cara untuk kembali ke kompetisi internasional.

Rusia saat ini terus mencari kemungkinan pindah ke Asia pada bulan Desember, menyusul larangan terhadap negara itu dari kompetisi internasional oleh badan sepak bola Eropa UEFA imbas serangan ke Ukraina.

Meskipun Persatuan Sepak Bola Rusia kemudian meminta kelompok kerja mereka untuk melanjutkan hubungan dengan UEFA, Ketua Persatuan Sepak Bola Rusia Alexander Dyukov tidak menutup kemungkinan mencari keanggotaan AFC di tahap selanjutnya.

Berbicara di Kongres AFC di Bahrain, Menteri Olahraga Arab Saudi Pangeran Abdulaziz bin Turki Al-Faisal mengatakan dia tidak melihat ada masalah jika Rusia mengalihkan keanggotaannya ke Asia.

"Jika FIFA dan AFC mengizinkannya dan ada manfaatnya bagi Asia maka saya kira tidak ada masalah dengan itu," kata Pangeran Abdulaziz seperti dikutip France24.

Bergabung dengan AFC berarti Rusia akan memainkan kualifikasi Piala Dunia melawan tim-tim Asia dan klub-klubnya akan ambil bagian dalam kompetisi Asia.

Baca Juga: Atlet Rusia dan Belarusia Dipertimbangkan Bisa Ikut Olimpiade, Ukraina Sontak Caci IOC Bau Darah

Pembantu presiden Ukraina Mykhaylo Podolyak hari Senin, (30/1/2023) langsung menyebut Komite Olimpiade Internasional (IOC) sebagai “promotor perang” setelah badan olahraga tersebut mengatakan sedang mempertimbangkan dan mencari cara bagi atlet Rusia dan Belarusia untuk bertanding di Olimpiade (Sumber: AP Photo)

Presiden AFC Sheikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa mengatakan belum ada pendekatan formal tentang keanggotaan Rusia.

"Jika kami mendapatkan sesuatu yang sifatnya resmi untuk AFC dalam hal ini, maka ini adalah masalah lain, tapi saya tidak ingin mendahului kejadian dan berbicara tentang sesuatu yang belum terjadi," sambunh Sheikh Salman kepada media.

"Kami punya hubungan yang baik dengan federasi Rusia dan dengan federasi Eropa lainnya, dan kami selalu berhubungan dengan federasi di semua kesempatan. Kami menginginkan kepentingan terbaik dari permainan karena kami berusaha menjauhkan politik dari sepak bola."



Sumber : Kompas TV/France24


BERITA LAINNYA



Close Ads x