Kompas TV nasional rumah pemilu

Pakar Sebut Ada 4 Tanda Alam Reshuffle Jokowi Bakal Benar-benar Terjadi, NasDem Didepak dari Istana

Kompas.tv - 1 Februari 2023, 10:58 WIB
pakar-sebut-ada-4-tanda-alam-reshuffle-jokowi-bakal-benar-benar-terjadi-nasdem-didepak-dari-istana
Tiga menteri NasDem, Johnny G Plate, Siti Nurbaya Bakar, dan Syahrul Yasin Limpo (kiri ke kanan), diisukan bakal terkena reshuffle oleh Jokowi (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ada empat tanda-tanda alam dan sinyal kuat disebut reshuffle Kabinet Presiden Joko Widodo atau Jokowi bakal dilakukan tidak lama lagi. Partai NasDem juga disebut bakal didepak dari istana. 

Direktur Eksekutif Parameter Politik Adi Prayitno yakin, tanda alam itu sudah sangat nyata. 

Untuk waktunya, Adi yakin, kalau toh bukan hari ini 1 Februari 2023 yang bertepatan dengan penanggalan Jawa Rabu pon, maka tidak lama lagi. 

"Saya kira saya orang meyakini, kalau tidak hari ini, tidak dalam waktu dekat. Tanda alam sudah banyak," kata Adi, Rabu (1/2/2023) di program Sapa Indonesia Pagi Kompas TV.

Baca Juga: Isu Reshuffle Rabu Pon Menguat, Airlangga Bertemu Surya Paloh di Markas Golkar

Adapun empat tanda alam itu, kata Adi, sudah sangat jelas dan terlihat dari pertemuan Surya Paloh dan Jokowi ke istana beberapa waktu lalu.

Adapun 4 tanda alam reshuffle kabinet dilakukan Jokowi yakni:

"Pertama, Surya Paloh dipanggil ke istana. Biasanya, elite yang bersangkutan itu dipanggil, ada pemberitahuan ada reshuffle atau tidak ada reshuffle kabinet," jelas Adi. 

Ia pun tambah yakin, lantaran menteri dari Partai NasDem tidak dipanggil ke istana untuk rapat dengan Jokowi.

"Tanda alam kedua Menteri Nasdem tidak dipanggil di istana di rapat terbatas, kenapa hadir cuma Kepala Bulog (Budi Waseso) dan Mendag (Zulkifli Hasan)? Padahal urusan pangan ini berkaitan dengan Menteri Pertanian (Syahrul Yasin Limpo) yang dari NasDem," jelasnya. 


 

"Tanda alam ketiga, orang di circle utama Presiden Jokowi, Ali Ngabalin selalu bocorin ada soal reshuffle," jelasnya. 

Yang terakhir, lanjut dia, Jokowi sangat jarang bicara reshuffle, tapi belakangan malah banyak memberi sinyal. 

"Nah, yang keempat, Jokowi sangat jarang tuh bicara reshuffle, ini beda. Apalagi ini ada politiknya ya," jelas Adi Prayitno. 

Politik yang dimaksud, tambah dia, adalah terkait NasDem yang secara terbuka mendukung Anies Baswedan untuk Pilpres 2024. 

Baca Juga: Misteri Isu Reshuffle Kabinet Jokowi Rabu 1 Pon Besok, Mahfud MD: Itu Urusan Presiden

Adapun tiga menteri Partai NasDem di Kabinet Indonesia Maju yaitu Menkominfo, Johny G Plate, Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya Bakar dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x