Kompas TV nasional politik

Jokowi Imbau PSI Berani Lakukan Terobosan Baru, Sebut Baju Kotak-Kotak waktu Kampanye bareng Ahok

Kompas.tv - 31 Januari 2023, 21:58 WIB
jokowi-imbau-psi-berani-lakukan-terobosan-baru-sebut-baju-kotak-kotak-waktu-kampanye-bareng-ahok
Presiden Jokowi dalam puncak hari ulang tahun (HUT) ke-8 PSI, Selasa (31/1/2023). Ia mengenang terobosannya di pilkada, gunakan baju kampanye bermotif kotak-kotak. (Sumber: Tangkap Layar Kompas TV)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan pesan kepada Partai Solidaritas Indonesia (PSI) untuk membuat gebrakan baru untuk meraih suara di Pemilu 2024 mendatang.

Adapun salah satu contohnya, yakni terobosan yang dilakukan Jokowi pada masa kampanyenya bersama Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di Pikada DKI Jakarta pada 2012 lalu.

Saat itu, Jokowi menyebut dirinya berani membuat terobosan baru terkait baju pilkada.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menyebut, kala itu, dalam pilkada, semua calon kepala daerah selalu mengenakan pakaian formal yakni memakai jas, dasi hingga peci. 

Namun, Jokowi dan Ahok memilih untuk menggunakan baju kampanye dengan motif kotak-kotak, yang kemudian menjadi ikon mereka.

Hal itu disampaikan Jokowi dalam puncak hari ulang tahun (HUT) ke-8 PSI, Selasa (31/1/2023). 

Baca Juga: Wejangan Jokowi ke PSI: Harus Miliki Diferensiasi, Jangan Ikuti Isu Partai Lain

"Saya melihat saat itu ada peluang, karena setiap pemilihan pilkada di mana pun, selalu calonnya pakai jas, dasi, peci, enggak ada yang berani keluar dari situ. Ingat ini, benar, kalau ada yang masih menampilkan seperti itu dari PSI, itu berarti sudah ('lewat')," lanjut Jokowi sambil menggerakkan tangannya ke belakang. 

"Saat itu saya ingat menyiapkan dengan Pak Ahok baju kotak-kotak, enggak ada yang berani tren seperti itu," ujar Jokowi.

Jokowi mengatakan, dirinya berani mengambil terobosan tersebut, yang ternyata justru disukai oleh masyarakat, utamanya kaum muda. 

"Itu ada resikonya, bisa kalah kalau keliru, tapi ternyata disambut masyarakat, utamanya anak muda," jelasnya.

Jokowi pun kemudian meminta PSI untuk dapat mencari terobosan seperti yang dilakukannya pada Pilkada 2012 lalu tersebut. 

"Cari barang seperti itu, PSI cari diferensiasi, cari barang seperti itu. Sudah, yang lain-lain sama seperti Bro Giring (Ketua Umum PSI), PR-nya itu saja sudah," tegasnya.

Baca Juga: Ditanya Soal Isu Reshuffle Kabinet di Rabu Pon Besok, Jokowi: Tunggu Saja


 

 

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x