Kompas TV nasional rumah pemilu

Akhiri Spekulasi, PKS Umumkan Dukung Anies Baswedan pada Pilpres 2024

Kompas.tv - 30 Januari 2023, 20:56 WIB
akhiri-spekulasi-pks-umumkan-dukung-anies-baswedan-pada-pilpres-2024
Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Sohibul Iman saat menyampaikan keterangan dalam konferensi pers di Tangerang, Banten, Senin (30/1/2023). (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

TANGERANG, KOMPAS.TV - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) akhirnya mengumumkan akan mendukung Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden (capres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Pernyataan ini disampaikan untuk menegaskan sikap PKS di tengah spekulasi dukungan terhadap Anies.

Pernyataan dukungan PKS kepada Anies disampaikan oleh Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Sohibul Iman dalam konferensi pers di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Senin (31/1/2023).

Ia menyebut pihaknya selalu terlibat menjadi bagian koalisi yang mendukung Anies pada Pilpres 2024.

"Partai NasDem dan Partai Demokrat sudah menyatakan, secara eksplisit-organisatoris bahwa mereka mendukung Bapak Anies. Muncul beberapa pertanyaan kepada PKS, sekalipun jubir-jubir PKS dan juga saya tegaskan pada hari Jumat yang lalu bahwa PKS hadir di dalam tim kecil itu menunjukkan bahwa PKS mendukung Bapak Anies Rasyid Baswedan," kata Sohibul dalam konferensi pers yang disiarkan Kompas TV, Senin.

Baca Juga: Sambangi NasDem Tower, Anak Haji Lulung Sampaikan Dukungan untuk Anies Baswedan sebagai Capres

Sohibul menambahkan, PKS akan mengumumkan dukungan secara "eksplisit-organisatoris" terhadap Anies sebagai bakal capres bersamaan dengan Rakernas DPP PKS pada 24 Februari mendatang. Namun, ia mengakui deklarasi bisa saja dilakukan lebih cepat.

"PKS konsisten menjadi bagian koalisi partai-partai pengusung Anies Baswedan tersebut di Pilpres 2024. Sehingga koalisi ini memenuhi presidential threshold 20 persen," kata Sohibul.

Menurut dia, pernyataan ini disampaikan usai ia serta Ketua DPP PKS Bidang Polhukam Al Muzzammil Yusuf dan Juru Bicara PKS Pipin Sopian bertemu dengan Presiden PKS Ahmad Syaikhu dan Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Al-Jufri di Istanbul, Turki, 27 Januari 2023.

Syaikhu dan Salim sedang bertugas di Istanbul, dan akan mampir di Arab Saudi dulu untuk umrah sebelum kembali ke Indonesia.

Sebelumnya, PKS menjadi satu-satunya parpol dalam koalisi NasDem-Demokrat-PKS yang belum menyatakan dukungan kepada Anies.

NasDem menyatakan dukungan kepada Anies lebih dulu, disusul Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), belum lama ini.

Baca Juga: Demokrat Siap Bangun Sekber Bersama PKS-Nasdem, Pastikan Anies Dapat Tiket Capres


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x