Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Stop Begadang, Ini Jenis Musik yang Membuat Tidur Lebih Cepat

Kompas.tv - 30 Januari 2023, 19:19 WIB
stop-begadang-ini-jenis-musik-yang-membuat-tidur-lebih-cepat
Ilustrasi mendengarkan musik. Sebuah penelitian dari jurnal Plos One menemukan bahwa jenis musik pengantar tidur sangat beragam. (Sumber: Freepik)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Banyak orang yang mendengarkan musik untuk membantu mereka cepat tertidur, terutama pada malam hari.

Ternyata musik pengantar tidur tidak selalu berjenis instrumental atau klasik yang mendayu-dayu. Sebuah penelitian dari jurnal Plos One menemukan bahwa jenis musik pengantar tidur sangat beragam.

Mulai dari lagu anak-anak, Twinkle-Twinkle Little Star, hingga musik K-Pop "Dynamite" yang dinyanyikan oleh boygroup BTS ternyata bisa membantu orang tertidur.

Penelitian ini melengkapi penelitian sebelumnya yang menemukan bahwa banyak orang yang memutar musik untuk membantu mereka tidur.

Peneliti menganalisis hampir seribu playlist atau daftar putar lagu di aplikasi steaming musik Spotify untuk mengetahui jenis musik apa yang banyak didengarkan orang untuk membantu mereka cepat tertidur.

Mereka juga menganalisis data anonim dari Spotify dan mencatat bahwa layanan pemutar musik ini diputar di 92 negara. 

Peneliti menemukan 986 playlist yang menampilkan variasi kata "tidur" dalam berbagai bahasa.

Baca Juga: Dahsyat, Justin Bieber Jual Hak Penerbitan Musik dan Katalog Rekaman Senilai Rp3 Triliun

Mereka lantas menganalisis lagu-lagu di dalam playlist tersebut secara statistik dan mengelompokkannya berdasarkan karakteristiknya, seperti tempo, kenyaringan, dan energi.

Jenis musik terbanyak yang dimasukkan ke dalam daftar putar musik orang-orang sebagai pengantar tidur ialah trek ambien.

Selain itu, di urutan kedua ada trek radio kontemporer, termasuk jenis lagu pop hits dan indie.



Sumber : Healthline


BERITA LAINNYA



Close Ads x