Kompas TV nasional politik

Cak Imin Ingatkan Presiden Jokowi: Reshuffle Tak Boleh Sekadar Politis

Kompas.tv - 30 Januari 2023, 14:19 WIB
cak-imin-ingatkan-presiden-jokowi-reshuffle-tak-boleh-sekadar-politis
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar di Jakarta Pusat, Jumat (13/1/2023). (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar mengingatkan Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi yang santer bakal melakukan reshuffle Kabinet Indonesia Maju pada Rabu Pon mendatang (1/2/2023). 

Baca Juga: Jelang Reshuffle Kabinet Rabu Pon, Para Ketum Parpol Sudah Merapat ke Istana

Menurut dia, reshuffle kabinet nanti harus bisa meningkatkan kinerja pemerintah dan tak boleh hanya untuk kepentingan politis semata.

"Reshuffle hendaknya tidak sekadar politis, tapi meningkatkan kinerja pemerintah," kata pria yang karib disapa Cak Imin itu kepada wartawan, Senin (30/1/2023). 

Cak Imin mengaku hingga saat ini pihaknya belum pernah diajak diskusi oleh Presiden Jokowi ihwal rencananya melakukan reshuffle. Namun, dirinya menyebut PKB memiliki stok kader yang dinilai mumpuni menjadi pembantu presiden.


 

"Kita punya banyak nama (kader untuk menjadi menteri)," katanya. 

Ia menyebut, partai politik (parpol) koalisi Jokowi-Ma'ruf Amin tidak bisa berbuat banyak jika akhirnya Presiden Jokowi memutuskan untuk reshuffle kabinet.

"Saya nggak tahu, saya urgensi dan kapan reshuffle, belum tahu. Saya nggak bisa apa-apa (jika ada reshuffle kabinet), itu kewenangan beliau (Presiden Jokowi)," ujarnya. 

Sebelumnya, Presiden RI Jokowi kembali berkomentar tentang isu reshuffle atau perombakan kabinet. Kali ini ia menanggapi pertanyaan tentang kemungkinan reshuffle pada 1 Februari 2023.

Komentar Jokowi tentang kemungkinan reshuffle pada 1 Februari 2023 tersebut disampaikan saat ditemui wartawan di Sarinah, Jakarta Pusat, Minggu (29/1/2023).

Awalnya, wartawan menanyakan tentang kemungkinan reshuffle pada 1 Februari 2023, yang bertepatan dengan hari Rabu Pon, waktu yang disebut biasanya Jokowi melakukan reshuffle.

Baca Juga: Soal Pertemuan Surya Paloh dan Jokowi, NasDem Bantah Bahas Reshuffle: Silaturahmi Biasa

Saat itu Jokowi seperti kurang percaya bahwa 1 Februari 2023 jatuh pada hari Rabu Pon.

"Hm? Masa? "Rabu Pon? Bener? Ya nanti tunggu saja," kata Jokowi, dikutip dari laporan tim jurnalis Kompas TV. 
 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x