Kompas TV internasional kompas dunia

Batu Bermuatan Energi Listrik Layaknya Vibranium Ditemukan di Kongo? Cek Faktanya!

Kompas.tv - 27 Januari 2023, 05:25 WIB
batu-bermuatan-energi-listrik-layaknya-vibranium-ditemukan-di-kongo-cek-faktanya
Sebuah batu bermuatan listrik layaknya vibranium, yang populer di komik dan film superhero Marvel Black Panther, disebut telah ditemukan di Kongo. (Sumber: Twitter @Africa_Archives)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Batu bermuatan energi listrik, yang populer dengan nama vibranium dalam komik dan film superhero Marvel Black Panther, disebut telah ditemukan di Kongo. 

Sebuah video beredar memperlihatkan batu tersebut bisa menyalakan lampu yang terhubung dengan kabel. Selain itu, saat digesekkan dengan satu sama lain, batu tersebut seperti mengeluarkan api. 

Video tersebut kemudian viral di berbagai platform mulai dari Twitter, Facebook, hingga TikTok. 

Para warganet pun berteori bahwa batu tersebut adalah vibranium, batu langka yang hanya dimiliki Wakanda, negara fiksi yang ada di franchise Black Panther. 

Akan tetapi dilansir dari Associated Press, Kamis (26/1/2023), para ahli membantah telah ditemukan batu yang mengandung energi seperti listrik layaknya vibranium di Kongo. 

Baca Juga: Pasukan Monusco PBB Temukan Kuburan Massal di Kongo Berisi 49 Jenazah, Diduga terkait Milisi Codeco

Ahli mengatakan klaim tersebut aneh, karena meski ada batu atau mineral yang bisa menghantarkan listrik, tetapi tidak ada batu yang bisa menyimpan energi. 

"Mineral di dalam bebatuan itu, atau jika Anda memiliki konsentrasi yang cukup, dapat menghantarkan listrik, tetapi tidak mungkin mereka benar-benar dapat menyimpannya," kata Simon Jowitt, seorang profesor geologi ekonomi di University of Nevada, Las Vegas.

“Itu hanya melewati, dari satu ujung ke ujung lainnya, seperti jika Anda memiliki arus listrik yang melewati sepotong logam.”

Ahli menjelaskan, kemungkinan batu yang ada dalam video viral tersebut adalah pirit, mineral sulfida biasa dengan kilau logam mengkilap yang bisa menghantarkan listrik.

Sementara mengenai percikan cahaya yang muncul saat batu digesekkan, para ahli tidak tahu pasti dengan energi apa percikan itu bisa muncul. Tetapi mereka sepakat, sebuah batu saja tidak bisa menahan muatan. 



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x