Kompas TV nasional rumah pemilu

Demokrat Resmi Usung Anies Baswedan Capres untuk Pilpres 2024, AHY Ungkap Alasannya

Kamis, 26 Januari 2023 | 10:31 WIB
demokrat-resmi-usung-anies-baswedan-capres-untuk-pilpres-2024-ahy-ungkap-alasannya
Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berjabat tangan setelah menyampaikan pidato di kantor DPP Partai Demokrat di Kelurahan Pegangsaan, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (7/10/2022). (Sumber: KOMPAS/ADRYAN YOGA PARAMADWYA)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyatakan pihaknya resmi mengusung Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden (capres) di pilpres 2024 mendatang.

Sedangkan untuk Cawapres, AHY menyebut nanti diserahkan sepenuhnya kepada Anies Baswedan. 

Menurut AHY, Anies Baswedan adalah representasi dari tokoh perubahan dan dinilai pas sebagai gembong perubahan untuk Pemilu 2024 mendatang. 

“Bagi Demokrat, Mas Anies adalah Tokoh Perubahan dan Perbaikan,” ujar AHY dalam keterangan resminya, Kamis (26/1/2023). 

Untuk itu, AHY mengajak partai pengusung Anies Baswedan lain, yakni Partai NasDem dan PKS untuk segera membentuk Sekretariat Perubahan.

Baca Juga: Partai Demokrat Sebut Tak Paksakan AHY untuk Dipilih Jadi Cawapres Anies

Hal ini, kata AHY, sebagai bukti keseriusan dan komitmen Partai Demokrat untuk mewujudkan Koalisi Perubahan.

“Kami rasional saja. Jangan sampai faktor penentuan Bacawapres ini justru menjadi hal yang menghambat bagi terbentuknya Koalisi Perubahan," jelas AHY. 

"Untuk itu, Demokrat akan mengajak PKS agar menyerahkan keputusan Bacawapres kepada Bacapres yang kita usung. Dengan demikian, tiga partai memiliki kesetaraan yang sama dalam koalisi,” tambah AHY.


 

AHY menegaskan, koalisi Demokrat, PKS, dan Nasdem bertemu bukan untuk politik transaksional dan pragmatisme.

“Koalisi Demokrat, PKS, dan Nasdem dipersatukan oleh visi dan semangat yang sama, senasib dan seperjuangan, untuk mengemban amanah rakyat yang menginginkan perubahan dan perbaikan pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” ungkap AHY.  

Baca Juga: Polisi Selidiki Kasus 20 Ular Kobra Teror Rumah Wahidin Halim Saat Dikunjungi Anies Baswedan

Sebenarnya, lanjut AHY, kerja tim kecil Koalisi Perubahan sudah mendekati tahap final.

Dengan rentang waktu komunikasi lebih dari enam bulan, sudah cukup untuk mengambil keputusan yang penting dan fundamental.

Yaitu, mengusung Anies Baswedan sebagai capres untuk Pilpres 2024 mendatang. 


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x