Kompas TV nasional politik

Gerindra Bingung Anak Presiden Diributkan Masuk Parpol, Karpet Merah untuk Kaesang dari Golkar

Kompas.tv - 26 Januari 2023, 07:48 WIB
gerindra-bingung-anak-presiden-diributkan-masuk-parpol-karpet-merah-untuk-kaesang-dari-golkar
Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep. (Sumber: (KOMPAS.com/HERU DAHNUR))
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Karpet merah bakal diberikan oleh Kaesang Pangarep jika ia benar-benar terjun untuk masuk ke partai politik. 

Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufci Ahmad Dasco pada Rabu (25/1/2023) menyebut, pihaknya bakal menyambut dengan tangan terbuka Kaesang

Hal ini, kata Dasco, sesuai dengan amanat Ketum Gerindra, Prabowo Subianto, agar beri jalan kepada anak muda terjun politik. 

Ia juga merasa, tidak perlu diributkan ketika anak Presiden seperti Kaesang masuk politik malah diributkan. 

Dalam liputan jurnalis KOMPAS TV Fransico Donasi dan Bimo Wicaksana, pihak partai Gerindra juga yakin, masuknya Kaesang ke politik bukan dinasti politik yang coba dibangun oleh Jokowi. 

Baca Juga: Gibran Ungkap Syarat Kaesang Maju Pilkada Solo: Sowan FX Rudy

Golkar Beri Jalan Kaesang

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia Golkar siap beri jalan bagi Kaesang asalkan visinya sama. 

"Yang merasa visinya sama dengan Partai Golkar dan mereka juga ingin bergabung dengan Partai Golkar, selama niatnya benar dan ikut membantu program-program dan membesarkan visi partai Golkar, ya kita terima saja," kata Doli, Rabu (25/1) dilansir kompas.com

Doli lantas menilai wajar bila Kaesang tertarik di dunia politik lantaran orangtunya beserta kakak dan kakak iparnya, Gibran Rakabuming dan Bobby Nasution, juga aktif berpolitik dan menjadi pejabat pemerintah.

"Orang mau terjun atau tidak ke politik itu kan hak asasi manusia dan apalagi kan Kaesang itu lingkungannya itu selama ini kan sudah berada di lingkungan politik," ujar dia.

Baca Juga: Skenario Kaesang Masuk Politik, Disebut Bakal Maju Wali Kota Solo Gantikan Gibran

Sama seperti Doli meyakini pilihan Kaesang menekuni dunia politik bukan untuk membangun dinasti politik memanfaatkan masa jabatan Jokowi yang segera berakhir.

"Mereka kan masing-masing tentu punya pertimbangan, kematangan masing-masing ya, dan ini kan sudah diberi amanah masing-masing jadi wali kota," kata dia.

Sebelumnya seperti diberitakan, Wali Kota Surakarta sekaligus putra pertama Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka, mengungkapkan keinginan sang adik, Kaesang Pangarep, untuk terjun ke dunia politik.


Gibran mengatakan bahwa keinginan Kaesang masuk politik bikin kaget keluarga. 

"Yang kami bicarakan di meja makan itu Kaesang. Saya juga kaget, dia secara terbuka menyampaikan ke kami ada ketertarikan di politik," kata Gibran, Selasa (24/1) dilansir dari Antara.

Meski sudah mengetahui keinginan sang adik, Gibran mengaku belum dapat memastikan apakah Kaesang akan mulai terjun di dunia politik pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 2024.

"Nggak tahu, saya baru dengar kemarin. Bapak juga kaget. Biasanya nggak pernah membicarakan itu, ini penjajakan dulu," ujarnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x