Kompas TV regional berita daerah

Lulusan SMP Sukses Kembangkan Ladang Hidroponik

Kompas.tv - 25 Januari 2023, 20:25 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Awalnya petani muda bernama Muhammad Azis ini bekerja di proyek gypsum, namun akhirnya keluar untuk menekuni tanaman hidroponik. Berbekal uang 1 juta sisa gaji proyek, azis panggilan akrab petani milenial ini,membeli berbagai perlengkapan seperti pipa PVC dan alat pompa air dan kemudian membuat ladang hidroponik di pekarangan rumahnya di tengah perkampungan.

 

Berkat usaha keras dan ketekunan akhirnya tanaman hidroponik bermacam sayuran tumbuh subur dan panen memuaskan. Ladang hidroponik akhirnya berkembang semakin besar, bahkan saat panen bisa mencapai 100 kg dalam sehari. Azis sendiri merupakan bagian dari kelompok tani seikat yang awalnya hanya kumpulan orang- orang yang hobi bercocok tanam.

 

Sebelumnya berbagai sayuran pernah ditanam seperti bayam, pakcoy, baby kailan dan kangkung. Namun kini Azis sedang fokus menanam selada karena permintaan tinggi. Tanam selada hanya memerlukan waktu 38 hari hari yaitu dari tanam berupa biji hingga hingga panen.

 

Dengan ilmu dan pengalaman, Azis dan rekannya sesama petani muda seikat bisa mengatur perputaran tanam sehingga bisa panen setiap hari, yang dijualnya di masyarakat, toko ritel, penjual kebab dengan harga 20 ribu per kilogramnya.

 

Kini kelompok tani seikat sudah mempunyai 3 lokasi ladang hidroponik. Ladang ini sekaligus terbuka untuk media belajar menanam baik ibu- ibu PKK, anak remaja maupun pelajar dan mahasiswa yang ingin mengetahui seluk beluk tanaman hidroponik.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x