Kompas TV entertainment film

Aktor dan Sineas Asia Mendunia, Everything Everywhere All at Once Dominasi Nominasi Oscar 2023

Kompas.tv - 25 Januari 2023, 16:10 WIB
aktor-dan-sineas-asia-mendunia-everything-everywhere-all-at-once-dominasi-nominasi-oscar-2023
Film Everything Everywhere All at Once dominasi nominasi Oscar 2023. (Sumber: Dok. IMDb)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Karya-karya film orang Asia tengah mendunia dan menonjol di acara penghargaan Oscar 2023. Karya mereka masuk ke dalam 16 nominasi, di mana “Everything Everywhere All at Once” mendominasi Oscar dengan 11 nominasi.

Peraih Golden Globe, Michelle Yeoh dan Ke Huy Quan yang berperan di “Everything Everywhere All at Once” dinominasikan untuk Best Actress atau Aktris Terbaik dan Aktor Pendukung Terbaik atau Best Supporting Actor.

Selain itu, Stephanie Hsu dan Jamie Lee Curtis dinominasikan untuk Best Supporting Actress atau Aktris Pendukung Terbaik. Sutradara Daniel Kwan & Daniel Scheinert mendapatkan nominasi di kategori Best Director.

Baca Juga: Daftar Lengkap Nominasi Oscar 2023 dan Prediksi Pemenangnya, Siapa Peraih Aktor Terbaik?

Tak hanya para pemeran, “Everything Everywhere All at Once” juga mendapatkan nominasi untuk beberapa kategori lain, yakni kategori Best Picture, Best Writing, Best Film Editing, dan Best Costume Design.

Kemudian, kategori Best Original Screenplay, Best Original Song, dan Best Original Score.

Orang Asia dalam dunia film semakin menonjol, tak hanya di “Everything Everywhere All at Once”. Aktris berdarah Vietnam, Hong Chau juga mendapatkan nominasi untuk Best Supporting Actress melalui perannya di film “The Whale”.

“Naatu Naatu”, lagu berbahasa Telugu dari film “RRR” dinominasikan untuk Best Original Song, bersaing dengan “This Is a Life” dari film “Everything Everywhere All at Once”.

Karya orang-orang berdarah Asia lainnya adalah “Turning Red” yang disutradarai oleh Domee Shi masuk nominasi untuk Best Animated Feature.

Baca Juga: Akting Christine Hakim di Serial The Last of Us Episode 2 Tuai Pujian Netizen Luar Negeri

“All That Breathes” yang disutradarai oleh Shaunak Sen dinominasikan untuk Best Documentary Shot. 

Lalu, “Living” yang ditulis oleh penulis berdarah Jepang-Inggris Kazuo Ishiguro dinominasikan untuk Best Adapted Screenplay, yang mana diadaptasi dari film Jepang tahun 1965, “Ikiru”.

Sebagai informasi, malam penghargaan Oscar 2023 akan digelar di Dolby Theatre, Los Angeles, pada 12 Maret 2023 mendatang.



Sumber : Variety


BERITA LAINNYA



Close Ads x