Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Gara-gara Inflasi Tinggi Biaya Hidup di Italia Naik hingga Rp48,7 Juta, Daya Beli Makin Lemah

Rabu, 25 Januari 2023 | 07:23 WIB
gara-gara-inflasi-tinggi-biaya-hidup-di-italia-naik-hingga-rp48-7-juta-daya-beli-makin-lemah
Inflasi yang tinggi di Italia membuat keluarga di negara itu menghadapi kenaikan biaya hidup rata-rata sebesar 3.000 euro atau sekitar Rp48,7 juta (asumsi kurs Rp16.250). (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

ROMA, KOMPAS.TV - Inflasi yang tinggi di Italia membuat keluarga di negara itu menghadapi kenaikan biaya hidup rata-rata sebesar 3.000 euro atau sekitar Rp48,7 juta (asumsi kurs Rp16.250). Hal itu semakin mengikis daya beli masyarakat di Italia.

Menurut data dari kelompok advokasi konsumen Codacons dan ISTAT, lembaga statistik pemerintah Italia, disebutkan bahwa harga-harga di Italia pada akhir tahun lalu mencatatkan rekor kenaikan 11,6 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Dan untuk 2022 secara keseluruhan, harga tercatat rata-rata naik 8,1 persen, ungkap ISTAT seperti dikutip dari Antara, Rabu (25/1/2023).

Baca Juga: Inflasi Jepang Tembus 4 Persen, Pertama Sejak 1981

Sementara itu, kenaikan upah gagal mengimbangi tingkat inflasi, yang mengakibatkan penurunan standar hidup rata-rata.

Hal ini semakin memukul keluarga miskin, karena keluarga itu membelanjakan sebagian besar pendapatan mereka untuk kebutuhan sehari-hari.


 

Codacons mengatakan, harga energi menjadi faktor utama di balik menyusutnya tingkat pendapatan, yang mulai melonjak pada Maret 2022 akibat konflik antara Rusia dan Ukraina.

Pada akhir tahun lalu, harga energi di Italia tercatat naik 63,3 persen dibandingkan pada akhir 2021, menurut data ISTAT.

Baca Juga: Jumlah Warga Miskin Naik, Kemenkeu: Karena Inflasi Pangan Akibat Perang Rusia-Ukraina

Namun, data Codacons menunjukkan kenaikan yang lebih besar pada tagihan energi listrik rumah, yang disebut naik hingga 110,4 persen sepanjang 2022.

"Gara-gara kenaikan harga yang ekstrem tersebut, tidak ada yang dapat disisihkan untuk kehidupan sehari-hari," kata Codacons.

Pada November 2022, Italia mencatatkan inflasi sebesar 12,6% secara tahunan (year-on-year/yoy) naik dibandingkan dengan bulan sebelumnya sebesar 11,3% yoy. Inflasi tersebut menjadi yang tertinggi dalam 37 tahun terakhir.

Inflasi Italia sedikit turun pada Desember 2022 menjadi sebesar 12,3%.


Sumber : Antara

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


VOD

Sail Teluk Cenderawasih Upaya Tingkatkan Investasi

Sabtu, 4 Februari 2023 | 23:39 WIB
Close Ads x