Kompas TV regional berita daerah

Sembahyang Siwaratri Di Pura Agung Jagatnatha

Kompas.tv - 24 Januari 2023, 11:24 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

DENPASAR, KOMPAS TV - Ppersiapan persembahyangan Hari Suci Siwaratri di Pura Agung Jagatnatha telah dilaksanakan sejak beberapa hari sebelum Hari Siwaratri. Mulai dari pembuatan penjor, pemasangan tenda, hingga persiapan sarana banten upakara atau sesajen berdasarkan agama Hindu. Sementara untuk persembahyangan Siwaratri sendiri dibagi menjadi tiga tahapan.

Tahapan pertama dilaksanakan pada pukul 18.00 Wita yang dipimpin langsung oleh seorang sulinggih serta dihadiri Walikota Denpasar.

Persembahyangan kedua dilakukan pada pukul 24.00 Wita, dan persembahyanagn terakhir dilakukan pada pukul 06.00 Wita esok harinya, yang dipimpin  dipimpin oleh pemangku.

Untuk mengantisipasi membludaknya umat yang akan melakukan persembahyangan, umat sudah diperbolehkan bersembahyangan mulai pukul 09.00 Wita dan puncaknya terjadi pada malam hari sekitar pkl 20.00 Wita.

Jero Mangku Istri Agung mengatakan, Siwaratri dapat diartikan sebagai malam pemerilina atau pelebur kegelapan dalam diri dan hati untuk menuju jalan yang lebih terang. 

 Diharapkan setelah Hari Siwaratri ini seseorang dapat menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya berdasarkan kepercayaan umat Hindu.

 

 

 

 

 

 

#siwaratri   #puraagungjagatnatha  #denpasar



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x