Kompas TV regional peristiwa

AJI Jayapura Kecam Aksi Teror Bom yang Dialami Jurnalis Papua Victor Mambor

Kompas.tv - 23 Januari 2023, 20:21 WIB
aji-jayapura-kecam-aksi-teror-bom-yang-dialami-jurnalis-papua-victor-mambor
Polisi melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) ledakan bom di dekat rumah Pengurus Majelis Pertimbangan Organisasi Aliansi Jurnalis Independen Indonesia (AJI) dan jurnalis senior Papua, Victor Mambor, di Kota Jayapura, Senin (23/1/2023). (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Edy A. Putra

JAYAPURA, KOMPAS.TV - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jayapura mengecam aksi teror bom yang dialami oleh jurnalis Victor Mambor di kediamannya di Kelurahan Angkasapura, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura, Papua, pada Senin (23/1/2023) dini hari pukul 04.00 WIT.

Ketua AJI Jayapura Lucky Ireeuw menyebutkan tiga poin pernyataan sikap atas insiden yang menimpa pengurus Majelis Pertimbangan Organisasi AJI Indonesia itu.

“AJI Jayapura mengecam keras aksi teror bom dan menilai perbuatan tersebut sebagai sikap intimidasi yang mengancam kebebasan pers di Papua,” demikian bunyi pernyataan AJI Jayapura, Senin, sebagaimana dikutip dari Instagram @aji_surabaya.

Baca Juga: Jurnalis Papua Victor Mambor Kena Teror Kedua Kalinya, Kali Ini Bom Meledak di Dekat Rumahnya

AJI Jayapura juga meminta Polda Papua dan Polresta Jayapura Kota untuk mengusut pelaku dan motif di balik aksi teror bom yang menimpa Victor.

Lebih lanjut, AJI Jayapura mengajak seluruh jurnalis di Papua agar tidak menyerah dalam menyuarakan kebenaran di tengah berbagai rintangan.

Fiat Justitia Ruat Caelum, yang berarti hendaklah keadilan ditegakkan walaupun langit akan runtuh,” tegas AJI Jayapura.

Baca Juga: Densus 88 Sita 2 Bom Rakitan dari Rumah Terduga Teroris di Sleman Yogyakarta

Diberitakan sebelumnya, sebuah bom meledak di dekat rumah Victor Mambor. Victor mengatakan, saat itu dia belum beranjak tidur dan mendengar suara motor berhenti, sesaat sebelum ledakan terjadi.

Saat bom meledak, dia mengira itu adalah suara gardu listrik yang meledak. Dia lantas keluar rumah dan mencium bau belerang yang cukup kuat.

“Ternyata terdapat bekas ledakan di jalan yang jaraknya hanya tiga meter dari dinding rumah,” kata Victor, Senin.

Berdasarkan rekaman CCTV, memang ada motor yang melintas di dekat rumahnya sebelum bom tersebut meledak. 

Baca Juga: Terduga Teroris di Sleman, Pengamat Duga Bom Tak Akan Dibawa Jauh dari Yogya, Singgung Agenda Jokowi

Kapolresta Jayapura Kota Kombes Pol Victor Mackbon mengatakan pihaknya akan melakukan penyelidikan. Polisi sudah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) pada Senin pagi.

"Upaya penegakan hukum dalam kasus teror bom di rumah Victor Mambor menjadi atensi kami. Kami telah melaksanakan olah TKP dan akan menyelidiki kasus ini," kata Victor Mackbon.

Penyidik juga sudah meminta keterangan dari Victor Mambor dan mengamankan barang bukti berupa sumbu dan material sisa ledakan bom.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x