Kompas TV internasional kompas dunia

Bintang Film 'Shang-Chi' Sedih dan Marah atas Tragedi Penembakan saat Perayaan Imlek di California

Kompas.tv - 22 Januari 2023, 22:04 WIB
bintang-film-shang-chi-sedih-dan-marah-atas-tragedi-penembakan-saat-perayaan-imlek-di-california
Simu Liu, aktor pemeran dalam film superhero Asia pertama milik Marvel, Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings. (Sumber: Instagram @marvelstudios)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

MONTERREY PARK, KOMPAS.TV - Simu Liu, aktor pemeran Shang-Chi dalam film superhero Asia pertama Marvel, Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings, menanggapi insiden penembakan yang terjadi di Monterrey Park, California, Amerika Serikat, saat perayaan Tahun Baru Imlek pada Sabtu (21/1/2023) malam waktu setempat.

Dalam sebuah cuitan di Twitter, Minggu (22/1/2023), Simu Liu meminta tragedi ini agar mendapat lebih banyak perhatian karena memakan korban sepuluh orang saat sedang melakukan perayaan Imlek. 

"Seorang pria bersenjata telah membunuh sepuluh orang dan melukai lebih dari selusin lainnya di Monterey Park, tempat puluhan ribu keluarga Asia-Amerika berkumpul untuk merayakan Tahun Baru Imlek hari itu. Dia masih buron," cuitnya. 

"Ini harus mendapatkan lebih banyak liputan di media. Tindakan yang mengerikan."

Simu Liu kemudian juga menjelaskan, Monterrey Park yang menjadi lokasi penembakan merupakan kota yang mayoritas dihuni komunitas AAPI (Asian American and Pacific Islander) atau warga Amerika berdarah Asia atau warga dari kepulauan Pasifik, dan sedang merayakan Imlek. 

Ia pun mengaku sedih dan marah atas tragedi penembakan yang merenggut sepuluh nyawa itu. 

"Bagi yang belum familiar, Monterey Park merupakan kota di LA County yang mayoritas AAPI."

"Ini rumah keluarga Asia-Amerika, orang tua, kakek nenek, saudara kandung, putra dan putri, bibi dan paman. Semuanya menantikan untuk merayakan Tahun Baru akhir pekan ini."

"Saya terkejut, sedih, marah, dan patah hati untuk keluarga yang terkena dampak malam ini," tuturnya.

Baca Juga: Korban Penembakan saat Perayaan Imlek di California Bertambah Jadi 10 Orang, Pelaku Masih Buron

Seperti yang diberitakan sebelumnya, penembakan terjadi di West Garvey Avenue, jalan raya utama di Monterrey Park, kota di sebelah timur Los Angeles, California, Sabtu (21/1/2023) malam waktu setempat. 



Sumber : Kompas TV/The New York Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x