Kompas TV internasional kompas dunia

Presiden Lula da Silva Pecat KSAD Brasil karena Tidak Becus Tangani Kerusuhan Pendukung Bolsonaro

Kompas.tv - 22 Januari 2023, 06:20 WIB
presiden-lula-da-silva-pecat-ksad-brasil-karena-tidak-becus-tangani-kerusuhan-pendukung-bolsonaro
Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva pada Sabtu (21/1/2023) memecat panglima militer Brasil di tengah kekhawatiran atas ancaman terhadap demokrasi negara itu menyusul pemberontakan 8 Januari di ibu kota oleh pengunjuk rasa sayap kanan pendukung mantan presiden Jair Bolsonaro. (Sumber: Tribuna do Parana Brasil)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

BRASILIA, KOMPAS.TV — Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva pada Sabtu (21/1/2023) memecat panglima militer Brasil di tengah kekhawatiran atas ancaman terhadap demokrasi negara itu, menyusul pemberontakan 8 Januari di ibu kota oleh pengunjuk rasa sayap kanan pendukung mantan Presiden Jair Bolsonaro.

Situs resmi angkatan bersenjata Brasil seperti dikutip Daily Sabah, Sabtu (21/1/2023), mengatakan Jenderal Julio Cesar de Arruda telah dicopot sebagai panglima tentara angkatan darat. Dia digantikan oleh Jenderal Tomás Miguel Ribeiro Paiva, yang merupakan kepala Komando Militer Tenggara.

Dalam beberapa pekan terakhir, militer menjadi sasaran Lula setelah pendukung mantan Presiden Jair Bolsonaro menyerbu gedung-gedung pemerintah dan menghancurkan properti publik.

Lula beberapa kali mengatakan di depan umum bahwa pasti ada oknum tentara yang membiarkan kerusuhan itu terjadi.

Para perusuh yang menyerbu Kongres Brasil, istana kepresidenan, dan Mahkamah Agung di Brasilia berusaha agar militer campur tangan dan membatalkan kekalahan Bolsonaro dari Lula dalam pemilihan presiden.

Lebih dari seribu orang ditangkap pada hari kerusuhan, yang sangat mirip dengan kerusuhan 6 Januari 2021, kerusuhan di Kongres AS oleh massa yang ingin membatalkan kekalahan pemilihan mantan Presiden Donald Trump.

Seorang hakim Mahkamah Agung Brasil awal bulan ini mengizinkan menambahkan Bolsonaro ke dalam penyelidikannya tentang siapa yang menghasut kerusuhan di Brasilia sebagai bagian dari tindakan keras yang lebih luas untuk meminta pertanggungjawaban pihak yang bertanggung jawab.

Menurut teks putusannya, Hakim Alexandre de Moraes mengabulkan permintaan dari kantor kejaksaan agung, yang mengutip video yang diposting Bolsonaro di Facebook dua hari setelah kerusuhan.

Baca Juga: Mahkamah Agung Brasil Selidiki Bolsonaro atas Kerusuhan Pendukungnya, Berpotensi Bertanggung Jawab

Pendukung mantan presiden Brasil, Jair Bolsonaro bentrok dengan polisi dalam insiden penyerbuan istana kepresidenan Brasil di Brasilia, Minggu (8/1/2023). (Sumber: Eraldo Peres/Associated Press)

Video tersebut mengklaim Lula tidak dipilih untuk menjabat, melainkan dipilih oleh Mahkamah Agung dan otoritas pemilu Brasil.

Mahkamah Agung Brasil, Sabtu (14/1/2023), akhirnya memutuskan untuk menyelidiki mantan Presiden Jair Bolsonaro atas kerusuhan dan serangan ke gedung pemerintahan di Brasilia.

Ini pertama kalinya Bolsonaro berpotensi bertanggung jawab atas kerusuhan dari pendukungnya pada 8 Januari 2023 lalu.

Kerusuhan itu muncul beberapa hari setelah Bolsonaro memposting video yang mempertanyakan legitimasi pemilihan presiden Brasil, Oktober lalu.

Bolsonaro yang saat itu merupakan petahana kalah dari Lula di pemilihan Presiden.

Kejaksaan Brasil mengungkapkan Bolsonaro telah menghasut kejahatan dengan membuat klaim seperti itu.

Mereka meminta Mahkamah Agung Brasil pada Jumat (13/1) lalu untuk memasukkan mantan presiden itu dalam penyelidikan.

Video Bolsonaro itu mengeklaim bahwa Lula sebenarnya tak terpilih berdasarkan voting, tetapi dipilih oleh Mahkamah Agung dan otoritas pemilihan Brasil.

 



Sumber : Daily Sabah


BERITA LAINNYA



Close Ads x