Kompas TV regional berita daerah

Perjuangan Anak Kebutuhan Khusus Raih Pendidikan Ditengah Keterbatasan

Kompas.tv - 20 Januari 2023, 15:09 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

SORONG, KOMPAS.TV - Sekolah dasar luar biasa bagi anak berkebutuhan khusus di Kota Sorong, Papua Barat Daya saat ini minim fasilitas, meskipun demikian para siswanya tetap semangat dalam belajar. Mereka dengan ceria menerima pelajaran yang diberikan setiap harinya.

Meskipun jauh dari kata sempurna, namun bangunan sekolah yang terletak di jalan pendidikan kelurahan malaingkedi, Kota Sorong, bagi anak berkebutuhan khusus ini, sangatlah bermanfaat, untuk mereka menimbah ilmu pengetahuan.

Ada 20 ruang belajar, dapat menampung siswa berkebutuhan khusus dari semua tingkatan, yang berjumlah 220 orang. Dimulai dari sekolah dasar 98 anak, sekolah menengah pertama 61 anak dan sekolah menengah atas 55 anak.

Tidak hanya minim bangunan belajar, namun fasilitas peraga dan guru yang kurang, juga dirasakan oleh para siswa berkebutuhan khusus di sekolah ini. Dengan menggunakan alat peraga seadanya satu guru harus mampu menguasai semua bidang pembelajaran siswa berkebutuhan khusus.

Meskipun demikian para siswa berkebutuhan khusus ini, terlihat aktif dan ceria, mereka benar-benar menerima pelajaran yang diberikan dengan gembira, hal ini terlihat dari raut wajah mereka saat guru tengah mengajar.

Saat ini pihak sekolah tengah berupaya untuk melengkapi sejumlah fasilitas penunjang bagi para murid berkebutuhan khusus, seperti penambahan guru, alat peraga, dan buku guru pendidikan khusus.

Pendidikan merupakan hal penting untuk mencerdaskan generasi penerus, sama halnya dengan anak-anak berkebutuhan khusus ini, mereka juga memimpikan bisa memperoleh pendidikan yang layak untuk menggapai cita-cita mereka. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x