Kompas TV nasional rumah pemilu

Ridwan Kamil Dinilai Bisa Dongkrak Suara Golkar di Pemilu 2024, Punya Lumbung Suara Jabar

Kompas.tv - 19 Januari 2023, 11:49 WIB
ridwan-kamil-dinilai-bisa-dongkrak-suara-golkar-di-pemilu-2024-punya-lumbung-suara-jabar
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartanto (kiri) menyerahkan KTA Partai Golkar pada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat pertemuan Partai Golkar di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Rabu (18/1/2023) . (Sumber: ANTARA FOTO/Reno Esnir)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno menilai Partai Golkar akan mendapatkan keuntungan dengan bergabungnya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ke partai berlambang pohon beringin itu. 

Menurut dia, ketenaran pria yang karib disapa Emil itu di Tanah Pasundan itu setidaknya akan membuat suara Partai Golkar naik signifikan di Pemilu 2024. 

Baca Juga: Janji Ridwan Kamil dan Keyakinannya Mampu Bawa Golkar Berjaya di Pemilu 2024: Follower Saya 30 Juta

"Akan berdampak secara signifikan terhadap Golkar karena apapun judulnya Ridwan Kamil ini populer," kata Adi kepada Kompas TV, Kamis (19/1/2023). 

Ia menjelaskan, saat ini Ridwan Kamil merupakan tokoh politik yang digadang-gadang bakal meramaikan gelaran Pilpres 2024, sehingga ia memiliki lumbung suara tersendiri di Jawa Barat.  


 

"Orang yang digadang-gadang punya potensi maju di Pilpres 2024. Elektabilitas politik masuk papan menengah dan saat ini menjadi gubernur Jawa Barat. Tiga variabel yang bisa menjelaskan masuknya Ridwan Kamil," ujarnya. 

Adi menambahkan, Emil merupakan langkah strategis dan menguntungkan dilihat dari latar belakangnya yang teknokratis. 

Menurut dia pengalaman Ridwan Kamil di bidang eksekutif, juga arsitek yang paham bidangnya akan menambah kemampuan Partai Golkar untuk bisa tetap menjadi partai teknokrat.

"Golkar bisa mempekuat mesin politik yang dimiliki oleh Golkar, minimal di Jawa Barat," ujarnya. 

Sebelumnya, Ridwan Kamil meyakini dirinya bisa membawa partai berlambang pohon beringin itu berjaya di Pemilu 2024 mendatang. 

Baca Juga: Pujian Setinggi Langit Ridwan Kamil untuk Airlangga, Kader Golkar Dibikin Senyum Jelang Pemilu 2024

Menurut dia, ketenaran dirinya di media sosial (medsos) bisa mempengaruhi pemilih untuk mencoblos Partai Golkar di pesta demokrasi. 

"Followers saya 30 juta. Itu saja sudah jadi modal. Saya posting sehari sekali atau dua hari sekali tentang Golkar, adalah yang nyangkut-nyangkut kan," kata pria yang karib disapa Emil itu seperti dikutip dari Tribunnews.com, Rabu (18/1/2023).



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x