Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Jelang Setahun Invasi Rusia, Ibu Negara Ukraina Serukan ke Pemimpin Dunia: Gunakan Pengaruh Anda!

Kompas.tv - 18 Januari 2023, 06:00 WIB
jelang-setahun-invasi-rusia-ibu-negara-ukraina-serukan-ke-pemimpin-dunia-gunakan-pengaruh-anda

Ibu Negara Ukraina Olena Zelenska saat berpidato dalam Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss, Selasa (17/1/2023). (Sumber: AP Photo/Markus Schreiber)

Penulis : Vyara Lestari | Editor : Hariyanto Kurniawan

DAVOS, KOMPAS.TV – Jelang setahun invasi Rusia atas Ukraina, tak semua pemimpin dunia dan eksekutif perusahaan disebut menggunakan pengaruh mereka saat invasi Rusia membuat anak-anak sekarat dan dunia berjuang melawan kerawanan pangan.

Kritik sekaligus peringatan itu dilontarkan Ibu Negara Ukraina Olena Zelenska di Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss, Selasa (17/1/2023).

Ia menyerukan kritikan sekaligus seruannya pada ratusan hadirin yang terdiri dari para pejabat Eropa tertinggi yang hadir, mulai dari kalangan pemerintahan, perusahaan, akademisi, hingga aktivis. 

“Kesamaan yang Anda semua miliki adalah bahwa Anda semua orang-orang berpengaruh,” tutur Zelenska pada para hadirin. “Tapi ada sesuatu yang membedakan kalian, yakni tak semua dari kalian menggunakan pengaruh ini, atau terkadang menggunakannya dengan cara yang semakin memisahkan Anda.”

Baca Juga: Serangan Rudal Rusia Tewaskan 29 Warga Sipil di Dnipro Ukraina

Zelenska juga menyebut, dunia tak boleh membiarkan tragedi Chernobyl terulang lagi, seiring gempuran Rusia terhadap infrastruktur energi Ukraina selama beberapa bulan belakangan.

“Kita tak bisa membiarkan tragedi baru Chernobyl terulang lagi,” ujarnya merujuk bencana nuklir tahun 1986 silam, seperti dilansir Associated Press.

Forum yang berlangsung sejak Senin (16/1) hingga Jumat (20/1) nanti itu membicarakan ide-ide besar terkait masalah global seperti kelaparan, perubahan iklim, dan ekonomi yang melambat. Namun, seberapa besar aksi konkret membantu mewujudkan ambisi ‘memperbaiki keadaan dunia’ forum itu disebut tak pernah jelas.

“Kami semua secara internal yakin, tidak ada masalah global yang tidak dapat diselesaikan oleh umat manusia,” ujar Zelenska.

“Ini jadi lebih penting sekarang saat agresi Rusia di Eropa menimbulkan berbagai tantangan,” imbuhnya.



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x