Kompas TV olahraga sepak bola

Bursa Calon Pengurus PSSI: Menpora Zainudin Amali Dinilai Layak Jadi Waketum

Kompas.tv - 14 Januari 2023, 05:30 WIB
bursa-calon-pengurus-pssi-menpora-zainudin-amali-dinilai-layak-jadi-waketum
Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali dinilai layak menjadi Wakil Ketua Umum PSSI. (Sumber: Kemenpora)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali dinilai layak menjadi Wakil Ketua Umum (Waketum) PSSI di periode selanjutnya.

Menurut Founder Football Institute Budi Setiawan, Menpora Amali layak untuk menjadi pengurus PSSI jika dilihat dari sepak terjang dan kontribusinya untuk sepak bola nasional selama ini.

"Melihat catatan kontribusinya, Menpora sudah lebih dari layak untuk menjadi Waketum PSSI. Namun dengan catatan beliau memang bersedia," kata Budi dalam keterangan resmi yang dikutip dari Antara, Jumat (13/1/2023). 

Seperti yang diketahui, Menpora sering menjadi orang terdepan yang membantu PSSI ketika ada masalah di sepak bola. 

Amali muncul ketika melakukan lobi kepada Kepolisian, Kementerian Kesehatan, BNPB dan Presiden Joko Widodo sehingga kompetisi dapat berjalan di era transisi pandemi kemarin.

Usai Tragedi Kanjuruhan, Menpora juga aktif berperan di belakang layar dengan melakukan komunikasi intensif ke Menkopolhukam yang juga menjabat Ketua TGIPF Mahfud MD, hingga Kapolri. 

Berkat manuvernya itu, Liga 1 akhirnya bisa kembali bergulir pada bulan Desember 2022 lalu. 

Saat Presiden FIFA Gianni Infantino mengunjungi Indonesia, Menpora selalu turut serta mendampingi Presiden Jokowi dan Menteri BUMN Erick Thohir. 

Baca Juga: Gagal di Piala AFF 2023, Exco PSSI Persilakan STY Keluar

Meski begitu, kesediaan Zainudin Amali menjadi pengurus PSSI masih dipertanyakan. Apabila ia mau untuk terjun langsung di PSSI, tentu akan menjadi sebuah penurunan kapasitas karena sebelumnya menjabat sebagai Menpora. 

"Jika pun seandainya beliau bersedia, tentunya harus ada yang diantisipasi, misalnya nanti ada pertanyaan mengenai kepantasan," lanjut Budi. 

"Kok Pak Zainudin Amali mau sih menurunkan kapasitasnya dari Menpora menjadi Waketum PSSI? Menurut saya, hal ini baru bisa terjawab jika memang beliau ajukan surat kesediaan tersebut," terangnya. 

Lebih lanjut, Budi menjelaskan pula bahwa saat ini telah terjadi pergeseran paradigma di anggota PSSI. 

Turbulensi organisasi dalam 10 tahun terakhir ini menunjukkan bahwa anggota PSSI ingin elite PSSI (ketum dan waketum) salah satu atau keduanya diisi oleh pejabat eksekutif negara yaitu menteri kabinet, yang mana adalah orang-orang kepercayaan presiden.

"Menurut saya pergeseran paradigma ini bagus untuk organisasi PSSI ke depan agar lebih superior dan stabil ke depannya," ujar Budi Setiawan. 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x