Kompas TV entertainment musik

Bakal Jadikan Solo Kota Konser, Gibran: Sekali-kali Harus Datengin KPop

Kompas.tv - 13 Januari 2023, 14:21 WIB
bakal-jadikan-solo-kota-konser-gibran-sekali-kali-harus-datengin-kpop
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka ingin menjadikan Solo sebagai kota konser (Sumber: Kompas TV/Widi Nugroho)
Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

SOLO, KOMPAS.TV - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka berniat akan terus mendatangkan musisi ke Kota Batik dan menjadikan Solo, Jawa Tengah sebagai kota konser.

Gibran mengatakan tujuannya menjadikan Solo sebagai kota konser adalah untuk mendongkrak perekonomian daerah.

"Kemarin mas Anas (promotor konser) mendatangkan Dream Theater di Manahan, besok (Maret) Deep Purple di Edutorium UMS. Kami perbanyak destinasi, memperbanyak ruang untuk konser karena Solo hidupnya dari event," kata Gibran di Solo, Jumat, (13/1/2023).

Baca Juga: Deep Purple Konser di Solo pada 10 Maret 2023, Ini Harga Tiketnya

Selain musisi Indonesia dan western, Gibran juga mengungkapkan sedang berusaha mendatangkan musisi Korea atau Kpop ke Solo.

Kendati demikian, putra Presiden Joko Widodo itu tak mengungkapkan secara detail identitas musisi K-Pop yang sedang diincarnya.


"Saya inginnya event di Solo nggak berhenti. Saya juga sedang mengejar beberapa penampil yang fanbase-nya anak-anak muda. Sekali-sekali harus datangin KPop, soalnya (konser KPop) nggak pernah keluar dari Jakarta. Belum akan saya sebutkan (artisnya), masih saya kejar," katanya.

Ia mengatakan pelaksanaan event mendatangkan dampak positif bagi perekonomian Kota Solo. Gibran menuturkan bahwa pihaknya juga akan memperbanyak destinasi baru. 

Sebagai upaya merealisasikan misi tersebut, pihaknya juga tengah menyiapkan tempat untuk konser outdoor serta penambahan venue yang saat ini sudah ada.

Ia yakin event-event seperti itu mampu menghidupi Kota Solo karena semua sektor ekonomi merasakan dampak positifnya.

"Lihat saja nanti bulan Februari BI atau BPS akan segera mengeluarkan data pertumbuhan ekonomi. Kami meyakini pertumbuhan ekonomi Solo paling tinggi se-Jateng. Saat ini Solo sedang berbenah, saya juga senang teman-teman EO (event organizer) berbondong-bondong mengadakan event di Solo," ujar Gibran.

Baca Juga: Konser Jadi Salah Satu Tren Healing 2023, Sederet Jadwal Pertunjukan Penuh Hingga Maret

Selain Kota Konser, Gibran juga akan menjadikan Solo sebagai kota rekaman menyusul revitalisasi studio musik pertama di Indonesia Lokananta yang akan selesai pada April 2023.

"Kalau sekarang saya lihat sedang dilakukan pembangunan gedung utama sama gedung rekaman, ampliteater segera dibangun juga," kata Dia.

"Harapannya kegiatan-kegiatan seperti ini tidak berhenti karena multiplier efeknya sangat terasa. 2023 ini tahun yang lebih berat, saya yakin dengan sistem kerja seperti tahun kemarin kami bisa survive dan menghindari resesi," tuturnya.



Sumber : Kompas TV, Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x