Kompas TV nasional peristiwa

Cerita Megawati Emosi Diperiksa soal Naga Merah dan Naga Hijau: Kami Dianggap Pengkhianat Negara

Kompas.tv - 11 Januari 2023, 12:02 WIB
cerita-megawati-emosi-diperiksa-soal-naga-merah-dan-naga-hijau-kami-dianggap-pengkhianat-negara
Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri saat wawancara eklusif dengan Harian Kompas pada Senin (9/1/2023) (Sumber: Kompas/Ariyanto Nugroho)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV -  Ketua Umum PDI Perjuangan atau PDI-P, Megawati Soekarnoputri, cerita suatu ketika pada medio 90-an ia pernah diperiksa soal isu naga hijau dan naga merah. Itu membuatnya emosi. 

Isu Naga Merah dan Naga Hijau tersebut ramai jelang tumbangnya Orde Baru, ketika Soeharto masih kuat jelang keruntuhannya pada 1998. 

Hal itu terungkap dalam wawancara eksklusif Harian Kompas bersama Presiden kelima RI itu di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta, Senin (9/1/2023). 

Megawati saat itu ketika diperiksa sempat emosi sambil memeragakan ekspresi dirinya, dari yang awalnya duduk santai berubah jadi duduk agak tega  

Dengan mimik muka yang sinis sambil diiringi tawa, Megawati mengenang bagaimana diperiksa soal Naga Merah dan Naga Hijau. 

"Jadi ada pertanyaan, saudari pernah dengar dan melihat yang melihat yang namanya naga marah dan naga hijau? saya langsung maju," kata Mega dilansir dari Kompas.id.

Baca Juga: Detik-detik Megawati Menangis, Usai Bicara FX Rudy

Reaksi Megawati itu langsung membuat para kuasa hukum dan kader PDIP yang ikut mengawal pemeriksaan Megawati ikut emosi. 

Bahkan sampai naik ke kursi karena tak bisa masuk ruang pemeriksaan dan melihat ekpresi Mega yang berubah. 

"Mereka sudah tahu, kalau saya mulai emosi, saya begini (duduk dengan tegak-red). Saya mau nanya dulu, bapak ibu sendiri, pernah lihat naga belum? Mimik mereka saya ingat," tandasnya. 

"Bagaimana mungkin kita lihat naga, saya lalu bilang. Kok bisa ditanyakan saya naga hijau atau naga merah. Kalian juga harusnya lihat, apa maksudnya? saya mulai kereng (emosi)," ungkap Mega. 



Sumber : Kompas TV/kompas.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x