Kompas TV nasional update

Waspada Potensi Cuaca Ekstrem Hari Ini, BMKG Sebut 22 Wilayah Diprediksi Hujan Lebat

Kompas.tv - 11 Januari 2023, 05:59 WIB
waspada-potensi-cuaca-ekstrem-hari-ini-bmkg-sebut-22-wilayah-diprediksi-hujan-lebat
Ilustrasi hujan lebat. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika mengimbau masyarakat untuk waspada dengan potensi cuaca ekstrem pada Rabu (11/1/2023) di sebagian wilayah Indonesia. (Sumber: scroll.in)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika mengimbau masyarakat untuk waspada dengan potensi cuaca ekstrem pada Rabu (11/1/2023) di sebagian wilayah Indonesia.

Cuaca ekstrem meliputi hujan lebat yang bisa disertai kilat atau petir dan angin kencang. Sebanyak 22 wilayah termasuk Sumatera Utara, Jawa Barat, dan Maluku berpotensi mengalami cuaca ekstrem tersebut.

BMKG melaporkan cuaca ekstrem bisa terjadi setelah dilakukan pemantauan terhadap bibit siklon tropis 97W di Samudra Pasifik timur Filipina, dengan kecepatan angin maksimum 15-20 knot dan tekanan terendah 1007 mb.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Jakarta Hari Ini, Sebagian Besar Wilayah Cerah Berawan hingga Dini Hari

Siklon tersebut bergerak perlahan ke arah barat-barat laut dengan potensi untuk tumbuh menjadi siklon tropis dalam 24 jam kedepan dalam kategori rendah atau low level jet.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan, kecepatan angin, dan ketinggian gelombang laut di sekitar wilayah bibit siklon tropis/sirkulasi siklonik dan di sepanjang low level jet/daerah konvergensi tersebut.

Ini wilayah yang berpotensi hujan lebat dapat disertai kilat/petir dan angin kencang

- Aceh

- Sumatera Utara

- Sumatera Barat

- Bengkulu

- Jambi

Baca Juga: BMKG Hari Ini: Cuaca DKI Jakarta Diperkirakan Hujan pada Siang hingga Sore

- Sumatera Selatan



Sumber : bmkg.go.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x