Kompas TV nasional hukum

Jelang Tuntutan, Ferdy Sambo Minta Maaf ke Presiden Jokowi, Kapolri, Eliezer hingga Keluarga Yosua

Kompas.tv - 11 Januari 2023, 05:51 WIB
jelang-tuntutan-ferdy-sambo-minta-maaf-ke-presiden-jokowi-kapolri-eliezer-hingga-keluarga-yosua
Terdakwa Ferdy Sambo melambaikan tangan setelah memasuki ruang sidang. (Sumber: ADRYAN YOGA PARAMADWYA/KOMPAS)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Jelang tuntutan, terdakwa Ferdy Sambo sampaikan permohonan maaf kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo hingga institusi Polri.

Hal tersebut disampaikan Ferdy Sambo dalam sidang pemeriksaan dirinya sebagai terdakwa di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Selasa (10/1/2023).

“Rasa bersalah dan penyesalan juga saya sampaikan kepada Kapolri dan Polri serta rekan sejawat yang sudah terlibat dalam cerita tidak benar yang saya sampaikan di Duren Tiga yang kemudian menyebabkan citra Polri menjadi turun dan beberapa rekan sejawat saya harus diproses hukum,” kata Ferdy Sambo.

“Kemudian saya juga menyampaikan rasa bersalah dan penyesalan kepada bapak presiden dan masyarakat Indonesia yang mulia karena harus tersita perhatiannya dalam perkara ini karena kesalahan saya.”

Baca Juga: Ferdy Sambo Bantah Benny Ali Interogasi Ricky dan Kuat: Itu Hanya untuk Yakinkan Kapolri

Sebelum menyebut nama Presiden Jokowi dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Ferdy Sambo juga menyampaikan permohonan maaf kepada keluarga dari almarhum Brigadir Pol Nofriansyah Yosua Hutabarat dan Richard Eliezer Pudihang Lumiu beserta keluarga.

Ferdy Sambo yang sudah menjalani penahanan lebih 5 bulan di Mako Brimob mengaku bersalah, emosi menutup logikanya.


 

“Saya sayang sampaikan rasa bersalah ini dan penyesalan yang pertama kepada keluarga korban yang mulia karena emosi saya kemudian menyebabkan putra keluarga Yosua bisa meninggal dunia,” ucap Ferdy Sambo.

“Rasa penyesalan dan bersalah kedua saya sampaikan kepada saudara Richard Eliezer karena perintah hajar itu kemudian dia lakukan penembakan, itu saya akan bertanggung jawab dan saya merasa salah dan menyesal untuk itu.”

Baca Juga: Dibongkar Ferdy Sambo: Adzan Romer Diancam Ditersangkakan, Sehingga Keterangannya Sudutkan Saya

Tidak hanya itu, Ferdy Sambo juga turut menyampaikan rasa bersalah dan penyesalannya kepada Ricky Rizal Wibowo dan Kuat Maruf.

Termasuk kepada istrinya, Putri Candrawathi yang juga menjadi terdakwa dalam kasus pembunuhan berencana serta anak-anaknya.

“Saya juga menyampaikan rasa bersalah dan penyesalan karena emosi saya menyebabkan istri dan anak-anak saya harus juga mengalami ini, istri saya harus ditahan dan anak-anak saya harus sendiri mencapai cita-citanya yang mulia, saya bersalah yang mulia karena emosi saya yang menutup logika,” ujar Ferdy Sambo.

“Saya mohon yang mulia dan jaksa penuntut umum bisa menilai dengan bijak serta objektif terhadap kesalahan saya ini.”



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x