Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Tips Pemasaran di Media Sosial Agar Omzet Naik: Kenali Target Audiens hingga Rutin Unggah Konten

Kompas.tv - 8 Januari 2023, 11:47 WIB
tips-pemasaran-di-media-sosial-agar-omzet-naik-kenali-target-audiens-hingga-rutin-unggah-konten
Ilustrasi media sosial. Pemasaran melalui media sosial dapat membantu pelaku usaha meningkatkan brand awareness atau kesadaran merek bagi audiens sehingga dapat meningkatkan penjualan. (Sumber: Sekretariat Kabinet RI)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Gading Persada

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Sejak akhir tahun 2022 hingga awal tahun 2023 salah satu merek es krim dari Tiongkok dengan logo menusia salju menjadi perbincangan warganet Indonesia karena berekspansi secara cepat di berbagai daerah, terutama Pulau Jawa.

Es krim dengan logo bola salju berjubah merah itu pun menjadi viral setelah menerapkan strategi pemasaran Trading Area dengan membangun toko baru di berbagai wilayah yang berjarak cukup dekat antar gerainya.

Perbincangan tentang es krim itu pun digaungkan oleh sejumlah influencer di media sosial (medsos), sehingga merek es krim itu terus bermunculan bahkan menjadi trending topic di Twitter.

Sejumlah merek minuman pun sempat naik daun di kalangan anak muda Indonesia lantaran menerapkan pemasaran atau branding yang cukup kuat di medsos.

Baca Juga: Jerit Tukang Bakso soal Sertifikasi Halal Mahal: Omzet Rp300 Ribu, Ngurus Sertifikat Rp3,2 juta

Menurut Marketing Manager di perusahaan teknologi Widya Wicara Yogyakarta, ada sejumlah strategi yang dapat diterapkan oleh pelaku usaha dengan memanfaatkan medsos untuk menaikkan omzet penjualan.

Berikut ini tips pemasaran yang dapat Anda terapkan melalui medsos:

1. Tentukan dan Kenali Target Pasar 

Sebelum melakukan pemasaran di media sosial, Anda perlu mengenali target market sesuai dengan produk yang akan dijual.

Agar target market sesuai, Anda perlu memperhatikan untuk siapa produk Anda akan digunakan atau dikonsumsi, rentang umur konsumen, platform atau medsos yang akan digunakan, penggunaan bahasa yang sesuai untuk menyampaikan pesan melalui konten yang akan dibuat, dan lain sebagainya.

Tahap ini harus dilakukan secara rinci karena akan memengaruhi pemasaran.

2. Pilih Media Sosial Utama

Pelaku usaha sangat disarankan untuk fokus pada satu media sosial utama yang akan digunakan.

Hal ini dikarenakan beberapa faktor, di antaranya keterbatasan waktu untuk memanajemen setiap media sosial, sumber daya yang tersedia, dan biaya yang dikeluarkan (untuk iklan berbayar).

Akan tetapi, jika bisnis yang dijalankan sudah mulai berkembang, Anda bisa membuat akun lain di platform medsos lainnya.

Baca Juga: Tips Bisnis Sukses, Begini Syarat dan Prosedur Mendaftarkan Bisnis Franchise



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x